Sabtu, 18 Februari 2017

CONTOH LAMPIRAN TUGAS MANDIRI DIKLAT BERJENJANG



INSTRUMEN PENILAIAN LAPORAN TUGAS MANDIRI
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR
NO
ASPEK PENILAIAN
INDIKATOR
NILAI TERTINGGI
NILAI YANG DICAPAI

A.     SAMPUL LAPORAN
1.    Kejelasan judul
2.    Kejelasan identitas pembuat laporan
3.    Kejelasan Lokasi Kegiatan Tugas Mandiri
5

B.     PENGANTAR

5

C.    DAFTAR ISI

5

D.    PENDAHULUAN
4.    Latar belakang
5.    Tujuan
6.    Manfaat
7.    Waktu dan tempat pelaksanaan

15

E.     KEGIATAN-KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN SETIAP HARI

8.    Uraian kegiatan
9.    Hasil yang diperoleh
30

F.     PERMASALAHAN DAN PEMECAHAN
10. Permasalahan
11. Pemecahan
10

G.    PENUTUP (SIMPULAN DAN SARAN)
12. Simpulan
13. Saran
10

H.    LAMPIRAN

14. Jadwal Kegiatan
15. Rancangan
16. Instrumen Evaluasi
17. Layanan Kesehatan/Gizi 18. Foto Kegiatan
     


20

TOTAL NILAI TERTINGGI
100
 


ABSEN KERJA
NAMA                        : ISA ROSTAFIAH                LEMBAGA : KB. Nurul Falah

NO
HARI TANGGAL
PARAF
KETERANGAN
1
Senin, 18 Juli 2016
1
Terlaksana
2
Selasa, 19 Juli 2016
2
Terlaksana
3
Rabu, 20 Juli 2016
3
Terlaksana
4
Kamis, 21 Juli 2016
4
Terlaksana
5
Jum’at, 22 Juli 2016
5
Terlaksana
6
Sabtu, 23 Juli 2016
6
Terlaksana
7
Senin, 25 Juli 2016
7
Terlaksana
8
Selasa, 26 Juli 2016
8
Terlaksana
9
Rabu, 27 Juli 2016
9
Terlaksana
10
Kamis, 28 Juli 2016
10
Terlaksana
11
Jum’at, 29 Juli 2016
11
Terlaksana
12
Sabtu, 30 Juli 2016
12
Terlaksana
13
Senin, 01 Agustus 2016
13
Terlaksana
14
Selasa, 02 Agustus 2016
14
Terlaksana
15
Rabu, 03 Agustus 2016
15
Terlaksana
16
Kamis, 04 Agustus 2016
16
Terlaksana
17
Jum’at, 05 Agustus 2016
17
Terlaksana
18
Sabtu, 06 Agustus 2016
18
Terlaksana
19
Senin, 08  Agustus 2016
19
Terlaksana
20
Selasa, 09 Agustus 2016
20
Terlaksana
21
Rabu, 10 Agustus 2016
21
Terlaksana
22
Kamis, 11 Agustus 2016
22
Terlaksana
23
Jum’at, 12 Agustus 2016
23
Terlaksana
24
Sabtu, 13 Agustus 2016
24
Terlaksana
25
Senin, 15 Agustus 2016
25
Terlaksana



PEMETAAN PROGRAM PENGEMBANGAN
KOMPETENSI DASAR

1.    Nilai-nilai agama dan moral, meliputi : KD 1.1-1.2-2.13-3.1-4.1-3.2--4.2
2.    Fisik Motorik, meliputi KD 2.1-3.3-4.3-3.4-4.4
3.    Kognitif, meliputi KD 2.2-2.3-3.5-4.5-3.6-4.6-3.7-4.7-3.8-4.8-3.9-4.9
4.    Bahasa, meliputi KD 2.14-3.10-4.10-3.11-4.11-3.12-4.12
5.    Sosial-emosional, meliputi KD 2.5-2.6-2.7-2.8-2.9-2.10-2.11-2.12-3.13-3.14-4.14
6.    Seni, meliputi KD 2.4-3.15-4.15


Mengetahui,
 Pengelola/Kepala



Jusmiati, S.E
                                                                                                           



DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG ANAK


NO
NAMA
BERAT BADAN
TINGGI BADAN
LINGKARAN KEPALA

1

Aldi Fairus


16 Kg

108 cm

53

2

Aisyah al-fahlin


25 Kg

105 cm

52


3

Citra


18  Kg

95 cm

49

4

Dhea Risky Aulia


15 Kg

108 cm

50

5


Fathonah


18 Kg

100 cm

51

6


Muhammad Rendi

12 1Kg

92 cm

49

7


Marshanda

16 Kg

105 cm

53

8

Harri Peterpadalarang


25 Kg

104 cm

53
Juli 2016

Mengetahui,

Pengelola/Kepala



Jusmiati, S.E


 
KELOMPOK BERMAIN NURUL FALAH
PROGRAM SEMESTER  I
Kelompok Usia 2-5 Tahun

KOMPETENSI DASAR
TEMA
SUBTEMA
ALOKASI WAKTU
1.1,1.2,3.1-4.1 (Nam)
2.1,3.3-4.3,3.4-4,4 (Motorik)
2.5,2.6,2.7,2.8,3.13-4.13 (Sosem),
2.2,3.6-4.6,3.7-4.7,3.8-4,8 (Kognitif),
2.14,3.10-4,10, 3.11-4.11,3.12-4.12 (Bahasa)
3.15-4.15 (Seni)





Diriku
Identitasku
Tubuhku
Keluargaku
Kesukaanku

1 minggu
1 minggu
1 minggu
1 minggu
1.1,  1.2,  3.1-4.1 (Nam),
2.1, 3.3- 4.3, 3.4-4,4
 ( Motorik)
2.9, 2.10, 2.11, 2.12. 3.14-4.13 ( Sosem),
2.3, 3.5-4.5, 3.6-4.6, 3.7-4.7, 3.9- 4.9 ( Kognitif),
2.14, 3.10-4,.10, 3.11-4.11, 3.12, 4.12 ( Bahasa),
3.15- 4.15 ( Seni)




Binatang




Ayam
Bebek
Kucing
Nyamuk
1 minggu
1 minggu
1 minggu
2 minggu
1.2,  2.13,  4.3, ( Nam)
2.3,  3.3,  4.3, ( Motorik)
2.9, 2.10, 2.11, 2.12. 3.14-4.13 (Sosem)
2.2, 2.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.8, 4.8, 3.9, 4.9, ( Kognitif)
 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12, ( Bahasa)
2.4, 3.15, 4.15






Tanaman





Bunga
Sayuran
Buah
Pohon

2 minggu
2 minggu
2 minggu
2 minggu

                        Alokasi Waktu : 17 Minggu

KELOMPOK BERMAIN NURUL FALAH
PROGRAM SEMESTER  II
Kelompok Usia 2-5 Tahun
KOMPETENSI DASAR
TEMA
SUBTEMA
ALOKASI WAKTU
1.1,1.2,3.1-4.1 (Nam)
2.1,3.3-4.3,3.4-4,4 (Motorik)
2.5,.8,3.13-4.13 (Sosem),
2.2,3.6-4.6,3.7-4.7,3.8-4,8 (Kognitif),
2.14,3., 3.11-4.11,3.12-4.12 (Bahasa)
3.15-4.15 (Seni)





Kendaraan






Sepeda
Motor
Mobil
Pesawat

2 minggu
1 minggu
2 minggu
1 Minggu
1.1,  1.2,  3.1-4.1 (Nam),
2.1, 3.3- 4.3, 3.4-4,4
 ( Motorik)
2.9, 2.10, 2.. 3.14-4.13 ( Sosem),
2.3, 3.5-4.5, 3.6-4.6, 3.7-4.7, ( Kognitif),
2.14, 3.10-4,.10, 3.11-4.11, 3.12, 4.12 ( Bahasa),
3.15- 4.15 ( Seni)



Profesi








Guru
Polisi
Nelayan
Petani

2 minggu
2minggu
1 minggu
1 minggu
1.2,  2.13,  4.3, ( Nam)
2.3,  3.3,  4.3, ( Motorik)
2.11, 2.12. 3.14-4.13 (Sosem)
2.2, 2.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.8,
4.9, ( Kognitif)
 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12, ( Bahasa)
2.4, 3.15,







Alam semesta


Benda langit
Iklim
Gejala alam



2 minggu
1 minggu
2 minggu

Alokasi Waktu : 17 Minggu


KELOMPOK BERMAIN NURUL FALAH
PENGEMBANGAN TEMA
SEMESTER I-II
NO
TEMA
SUB TEMA
SUB-SUB TEMA

1

Diriku
Ø  Identitasku



Ø  Tubuhku







Ø  Keluargaku





Ø  Kesukaanku


·         Namaku
·         Tempat, tanggal, lahir
·         Tempat Tinggal
·         Anggota tubuh
·         Panca Indra
·         Fungsi bagian-bagian tubuh
·         Keluarga kecil
·         Keluarga besar
·         Saudaraku
·         Warna kesukaan
·         Buah kesukaan
·         Hewan peliha-raan
2
Binatang


Ø  Ayam


Ø  Bebek

Ø  Kucing



Ø  Nyamuk


·         Ciri-ciri ayam
·         Makanan ayam
·         Tempat hidup ayam


·         Suara Bebek
·         Telur bebek
·         Olahan Bebek

·         Anggota tubuh kucing
·         Suara kucing
·         Meniru kucing berjalan


·         Ciri2 nyamuk
·         Mengamati nyamuk
·         Penyebab terja-di nyamuk
·         Akibat nyamuk
·         Mencegah adanya nyamuk
·         Penyakit digigit nyamuk

3
Tanaman
Ø  Bunga



Ø  Sayuran



Ø  Buah



Ø  Pohon
·         Bentuk bunga
·         Macam-macam bunga
·         Warna bunga
·         Tempat hidup bunga
·         Cara Menanam bunga
·         Macam-macam sayuran
·         Vitamin yang terkandung
·         Manfaat sayuran
·         Bentuk buah
·         Macam-macam buah
·         Rasa buah
·         Tempat hidup buah
·         Olahan Buah
·         Manfaat buah
·         Macam-macam Pohon
·         Bagian-bagian pohon
·         Ukuran pohon

4
Kendaraan

Ø  Sepeda

Ø  Motor
Ø  Mobil
Ø  Pesawat
·         Bercerita tentang sepeda
·         Berimajinasi
·         Mewarnai sepeda
·         Menyusun bagian-bagian motor
Menirikan suara mobil
·         Mengkolase pesawat
5
Profesi

Ø  Guru


Ø  Polisi


Ø  Nelayan


Ø  Petani
·         Aktifitas guru
·         Tempat kerja guru
·         Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa
·         Pakaian polisi
·         Tugas polisi
·         mengenal rambu-rambu lalu lintas
·         Mengenal huruf N
·         Mencocokan gambar nahkoda dengan lautan
·         Dongeng tentang nelayan
·         Meniru gerakan petani padi
·         Mewarnai gambar petani
·         Mengenal pupuk
·         Mengkolase gambar ladang dengan biji beras
6
Alam semesta
Ø  Benda langi
Ø  Iklim
Ø  Gejala alam






·         Matahari
·         Bulan
·         Bintang
·         Pelanet
·         Awan
·         Pelangi
·         Iklim panas
·         Iklim dingin
·         Iklim sedang
·         Banjir
·         Tanah longsor
·         Gempa
·         Kebakaran
·         Kabut asap
·         Badai



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu: I / Juli/Minggu ke- I

Tema                          :  Diriku
Subtema                    : Identitasku
Sub-tema                   : -
Kelompok                  : (usia 3-5 tahun)

KD
Materi Pembelajaran
Rencana Kegiatan
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4.
Aku adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan sesudah belajar
Membiasakan mencuci tangan
Mengenal identitas diri dan teman
Mengetahui tempat tinggal
Senang mengucapkan salam
Senang mengikuti aturan
pengelompokkan berdasarkan
senang melakukan kegiatan
Mendengar cerita
1.    Mengenal nama sendiri
2.    Menyusun huruf nama sendiri
3.    menghitung jumlah nama sendiri
4.    mewarnai angka tanggal lahir
5.    megetahui tanggal kelahiran
6.    mencari angka sesuai dengan tal lahir
7.    melukis gambar green parinting
8.    menempel berimajinasi gambar rumah
9.    bercerita tentang alamat rumah
10.  bercerita tentang identitas diri


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu: I / Juli/Minggu ke- II

Tema                          :  Diriku
Subtema                    : Tubuhku
Sub-tema                   : -
Kelompok                  : (usia 3-5 tahun)

KD
Materi Pembelajaran
Rencana Kegiatan
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4.15
Tubuhku adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan sesudah belajar
Membiasakan mencuci tangan
Mengenal nama anggota tubuh dan fungsinya
Mengenal cara merawat tubuh dengan baik
Senang mengucapkan salam
Senang mengikuti aturan
pengelompokkan berdasarkan jumlah anggota tubuh dan jumlah potongan-potongan puzlle
Tidak sombong
Mendengar cerita

1.    Mengetahui cara menimbang berat tubuh
2.    Menyusun gambar anggota tubuh
3.    Menyebutkan fungsi dan bagian anggota tubuh
4.    plastisil membuat bagian2 anggota tubuh
5.    menyebutkan bagian-bagian anggota tubh
6.    berimajinasi gambar bagian-bagian tubuh
7.    Mengenal panca indra (menyebutkan)
8.    Mewarnai gambar mata
9.    mencocokan gambar
10. Bercerita tentang tubuh
                                   

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu: I /Agustus/Minggu ke-I

Tema                          :  Diriku
Subtema                    : Keluargaku
Sub-tema                   : -
Kelompok                  :  (usia 3-5 tahun)

KD
Materi Pembelajaran
Rencana Kegiatan
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4
 Keluargaku adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan sesudah belajar
Membiasakan mencuci tangan
Mengenal nama anggota keluarga
Menyayangi saudara
Senang mengucapkan salam
Senang mengikuti aturan

pengelompokkan berdasarkan perbedaan saudara laki-laki dan perempuan

senang berbagi

Mendengar cerita
1.    mengenal dan mewarnai huruf “ayah” .”ibu”.
2.    Menyebutkan nama dalam anggota keluarganya
3.    mencari angka yang sesuai jumlah anggota keluarga
4.    mengkolase huruf  K atau N
5.    menyebutkan ada siapa saja di keluarga besar
6.    menempel huruf kakek dan nenek di buku gambar
7.    mengenal perbedaan laki-laki dan perempuan
8.    menyebutkan ada berapa laki-laki dan perempuan di kelas
9.    mewarnai gambar pakaian laki-laki / perempuan
10. bercerita tentang keluarga


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu: I /Agustus/Minggu ke- II

Tema                          :  Diriku
Subtema                    : Kesukaanku
Sub-subtema                        : -
Kelompok                  : (usia 3-5 tahun)

KD
Materi Pembelajaran
Rencana Kegiatan
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4
 aku adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan sesudah belajar
Membiasakan mencuci tangan
Mengenal nama anggota keluarga
Menyayangi saudara
Senang mengucapkan salam
Senang mengikuti aturan

pengelompokkan berdasarkan perbedaan warna
senang bercerita tentang warna

Mendengar cerita
1.    mengenal warna
2.    Menyebutkan warna kesukaan, dan hewan kesukaan
3.    Menyebutkan nama-nama buah yang disukai dan hewan peliharaan yang disukai
4.    Membuat pelangi dari kertas origami
5.    Menyebutkan warna yang disukai teman
6.    Memilih dan menempel warna kertas rigami yang disukai
7.    mengenal perbedaan warna dan
8.    menyebutkan warna-warna dari balon
9.    berimajinasi membuat balon dengan warna yang disukai
10. bercerita tentang warna yang disukai



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu: I /Agustus/Minggu ke- III

Tema                          :  Binatang
Subtema                    : Ayam
Sub-subtema                        :
Kelompok                  :  (usia 3-5 tahun)

KD
Materi Pembelajaran
Rencana Kegiatan
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4
Ayam adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan sesudah belajar
Membiasakan mencuci tangan
Mengenal nama ayam
Bercerita pengalaman tentang pernahkah melihat dimana ayam
Senang mengucapkan salam
Senang mengikuti aturan

pengelompokkan berdasarkan warna-warna ayam

senang memelihara

Mendengar cerita
1.    mengenal macam-macam ayam
2.    Menyebutkan ciri-ciri ayam
3.    Menyusun gambar ayam sesuai dengan ukuran
4.    bercerita tentang makanan ayam
5.    Melakukan  pengamatan tentang ciri-ciri ayam
6.    Mencocokan gambar ayam pada gambar tempat tinggalnya
7.    meniru suara ayam, dan ayam berjalan
8.    mengenal perbedaan ayamjantandan ayam betina
9.    membuat gambar ayam yang dengan krayon
10. bercerita tentang ayam, ciri-cirinya, makanan, tempat tinggal dan olahan dari ayam.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu: I /Agustus/Minggu ke- IV

Tema                          : Binatang
Subtema                    : Bebek
Sub-subtema                        :
Kelompok                  :  (usia 3-5 tahun)

KD
Materi Pembelajaran
Rencana Kegiatan
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4
 Hewan  adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan sesudah belajar
Membiasakan mencuci tangan
Mengenal perbendaharaan kata bebek
Menyayangi binatang
Senang mengucapkan salam
Senang mengikuti aturan
pengelompokkan berdasarkan perbedaan bentuk, suara, dan cara berjalan hewan tersebut.
senang memelihara

Mendengar cerita
1.    mengenal hewan bebek
2.    Menyebutkan perbendaharaan kata bebek
3.    Menirukan bebek berjalan
4.    mengkolase gambar bebek dari biji-bijian
5.    menyebutkan ada perbedaabn bebek jantan dan bebek betina
6.    menempel huruf bebek ke gambar bebek
7.    mengenal ciri-ciri bebek
8.    menyebutkan mengenal olahan bebek
9.    berimajinasi gambar hewan bebek dari tanah liat
10. bercerita tentang hewan bebek



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu: Oktober//Minggu ke- I

Tema                          :  binatang
Subtema                    : kucing
Sub-tema                   : -
Kelompok                  : (usia -5 tahun)

KD
Materi Pembelajaran
Rencana Kegiatan
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4
 Kucing  adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan sesudah belajar
Membiasakan mencuci tangan
Mengenal perbendaharaan kata dari hewan kucing
Menyayangi hewan
Senang mengucapkan salam
Senang mengikuti aturan

pengelompokkan berdasarkan bentuk dan suara dari kucing
senang berbagi cerita tentang kucing yang ada dirumah masing-masing
senang memelihara
Mendengar cerita
1.    mengenal perbendaharaan kata kucing
2.    Menyebutkan ciri-ciri kucing
3.    Menyusun puzlle gambar kucing
4.    mengkolase huruf kucing menggunakan kacang hijau
5.    menyebutkan warna-warna dari kucing
6.    menggunting gambar kucing
7.    mengenal perbedaan kucing laki-laki dan perempuan
8.    menyebutkan suara kucing
9.    berimajinasi gambar kucing
10. bercerita tentang kucing



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu: I /Oktober/Minggu ke- II

Tema                          :  Binatang
Subtema                    : nyamuk
Sub-tema                   :
Kelompok                  : B (usia 2-5 tahun)

KD
Materi Pembelajaran
Rencana Kegiatan
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4
 Binatang adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan sesudah belajar
Membiasakan mencuci tangan
Mengenal nama anggota keluarga
Menyayangi tempat tinggal
Senang mengucapkan salam
Senang mengikuti aturan

Mengetahui terjadinya nyamuk
senang berbagi pengalaman tentang menjaga lingkungan
Mendengar cerita
1.    mengenal nyamuk, ternyadi adanya nyamuk dan akibat digigit nyamuk
2.    Menyebutkan ciri-ciri tempat yang disukai nyamuk
3.    Menjaga kebersihan
4.    Mendngeng tentang ternyadinya nyamuk
5.    Mengenal penyakit digigit nyamuk
6.    Mengetahui cara mencegah penyakit malaria
7.    mengenal perbedaan dampak dari lingkungan bersih dan lingkungan kotor
8.    menambah perbendaharaan kata “ nyamuk”
9.    bercerita tentang nyamuk


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu: I /Oktober/Minggu ke- III

Tema                          : Tanaman
Subtema                    : Bunga
Sub-tema                   : -
Kelompok                  : B (usia 2-5 tahun)

KD
Materi Pembelajaran
Rencana Kegiatan
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4
 Bunga adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan sesudah belajar
Membiasakan mencuci tangan
Mengenal nama anggota keluarga
Merawat bunga
Senang mengucapkan salam
Senang mengikuti aturan

pengelompokkan berdasarkan perbedaan dari bentuk dan warna bunga
senang berbagi cerita tentang bunga

Mendengar cerita
1.    mengenal bentuk-bentuk bunga
2.    Menyebutkan maca-macam bunga
3.    Mengetahui cara menanam bunga
4.    Praktek cara menanam dan merawat bunga
5.    mengkolase gambar bunga
6.    menyebutkan ada berapa warna-warna dari bunga
7.    menempel huruf “bung” ke gambar bunga
8.    mengenal perbedaan warna dan bentuk bunga
9.    membuat bunga dari kertas origami
10. bercerita tentang bunga



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu: I /Oktober/Minggu ke- IV

Tema                          :  Tanaman
Subtema                    : Sayuran
Sub-tema                   : -
Kelompok                  : (usia 3-5 tahun)

KD
Materi Pembelajaran
Rencana Kegiatan
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4
 Tanaman adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan sesudah belajar
Membiasakan mencuci tangan
Mengenal nama anggota keluarga
Menyayangi tanaman
Senang mengucapkan salam
Senang mengikuti aturan

pengelompokkan berdasarkan bentuk sayuran

senang berbagi cerita tentang pernah menncoba memakan sayur
Mendengar cerita
1.    mengenal bentuk dan macam-macam sayuran
2.    Menyebutkan nama sayuran
3.    Mengetahui manfaat sayuran
4.    Mengetahui Vitamin yang terkandung
5.    Mengamati sayur kangkung
6.    menempel huruf sayur pada gambar sayur
7.    mengenal perbedaan bentuk sayur
8.    mengetahuicara menanam sayur
9.    menyebutkan bagian-bagian dari sayur (kangkung)
10. bercerita tentang sayuran



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu: I /November/Minggu ke- I

Tema                          :  Tanaman
Subtema                    : buah
Sub-tema                   : -
Kelompok                  : (usia 3-5 tahun)

KD
Materi Pembelajaran
Rencana Kegiatan
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4
 Buah adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan sesudah belajar
Membiasakan mencuci tangan
Mengenal nama dan bentuk buah
Menyayangi tanaman
Senang mengucapkan salam
Senang mengikuti aturan

pengelompokkan berdasarkan perbedaan warna dari buah
senang berbagi pengalaman tentang melihat atau mencoba rasa buah

Mendengar cerita
1.    mengenal bentuk dan warna buah
2.    Menyebutkan rasa-rasa buah
3.    Berimajinasi gambar buah
4.    mengkolase huruf   Buah
5.    Mengetahui manfaat dan olahan dari buah
6.    menempel gambar buah
7.    Bermain peran penjual buah dan pembeli buah
8.    menyebutkan ada berapa macam buah
9.    Melukis gambar buah
10. bercerita tetang Buah-buahan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu: I /November/Minggu ke II

Tema                          : Tanaman
Subtema                    : Pohon
Sub-tema                   : -
Kelompok                  :  (usia 3-5 tahun)

KD
Materi Pembelajaran
Rencana Kegiatan
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4
 Tanaman adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan sesudah belajar
Membiasakan mencuci tangan
Mengenal nama anggota keluarga
Menyayangi Tanaman
Senang mengucapkan salam
Senang mengikuti aturan

pengelompokkan berdasarkan perbedaan Ukuran pohon
senang berbagi tentang menjaga merawat pohon

Mendengar cerita
1.    mengenal bentuk, macam-macam dan ukuran dari pohon
2.    Menyebutkan Bagian-bagian dari pohon
3.    Dongeng tentang menebang pohon sembarangan
4.    Menyusun huruf pohon ke gambar pohon
5.    menyebutkan ada berapa macam pohon
6.    Menonton video  singkat  tentang akibat menebang pohon secara liar
7.    Menngamati gambar pohon dan menyebutkan bagian-bagian dri pohon
8.    bercerita tetang pohon

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
KELOMPOK BERMAIN NURUL FALAH

Semester/ Bulan/minggu ke          : 1 / Juli /2
Hari/ Tanggal/                                   : Senin, 25 Juli 2016
Kelompok / Usia                               : 3-5 Tahun
Tema/ Sub tema                               : Diriku/ Identikasku (Namaku)
KD                                                      : KD:1.1-2.2- 2.3-2.12-3.12-3.6- 3.11-                                                                      3.13-4.12-3.15-4.3-4.6

·         MATERI DALAM KEGIATAN:
1.    Do’a sebelum dan sesudah belajar
2.    Mengenal nama diri sendiri ( panggilan dan kepanjangan)
3.    Mengenal nama teman
4.    Mengenal tnggal lahirku disampaikan besok hari
5.    Menyanyikan lagu Aku Ciptaan Tuhan
·         MATERI  YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.     Bersyukur sebagai ciptaan tuhan
2.    Mengucapkan salam pada saat menyambut anak datang
3.    Berdo’a sebelum belajar dan menaati peraturan
4.    Membiasakan, mencuci tangan, merapikan tempat makanan.
·         ALAT DAN BAHAN
Plastisin, dan cetakan huruf
·         PEMBUKAAN ( + 30 MENIT)
1.    Bernyanyi lagu aku ciptaan tuhan
2.    Do’a sebelum belajar
3.    Menjelaskan kegiatan hari ini
4.    Mengenalkan aturan bermain

·         INTI (+ 60 MENIT)
1.    Guru mengajak anak mengamati media yang ada
2.    Guru menanyakan konsep subtema
3.    Guru mempersilahkan anak untuk belajar sambil bermain mengenai konsep
4.    Anak melakukan kegiatan sesuai dengan yang diamati dan gagasannya:
Kegiatan 1     : Mencetak huruf awal dari nama sendiri
Kegiatan 2     : menghitung jumlah nama sendiri
 Kegiatan 3    : menempel nama ke pas foto anak
5.    Anak menceritakan kegiatan yang udah dilakukan
6.    Guru menanyakan pengalaman atau perasaan anak setelah melaksanakan kegiatan
·         PENUTUP (+ 30 MENIT)
1.      Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, main apa yang paling disukai, dll
2.      Menanyakan perasaan selama hari ini
3.      Mengajak anak untuk berbagi pengalamannya dengan menceritakan belajarnya disekolah kepada orangtua dan siapa saja
4.      Menceritakan pesan-pesan positif kepada anak agar bisa menghargai namanya
5.      Menginformasikan kegiatan esok hari
6.      Berdo’a setelah belajar







RENCANA PENILAIAN
Indikator Penilaian:

PROGRAM PENGAMBANGAN

KD

INDIKATOR


Nilai agama dan moral

Motorik

Sosem


Kognitif



Bahasa


Seni



1.1

3.1-4.1

2.1

3.3-4.3

2.5

2.6

3.6-4.6

2.14

3.10-4.10

3.15- 4.15
1.    Anak terbiasa bersyukur atas semua ciptaan tuhan
2.    Anak dapat berdo’a sebelum dan sesudah belajar
3.    Anak terbiasa mencuci tangan
4.    Anak dapat menyebutkan perbendaharaan kata “nama ku”
5.    Anak terbiasa memberi salam
6.    Anak terbiasa mengikuti aturan
7.    Anak dapat mencocokan nama sendiri ke foto
8.    Anak memahami cerita yang telah disampaikan
9.    Anak dapat bercerita tentang namanya
10. Anak dapat menyanyikan lagu  “aku ciptaan tuhan
2. Teknik penilaian yang di gunakan
            a. catatan hasil karya
            b. catatan anekdot
c. Skala capaian perkembangan ( rating scale)



HASIL KARYA


Nama anak     :  Marshanda
Usia                  :  4 Tahun
Hari, Tanggal  :  Senin, 25 Juli 2016                    
Hasil karya anak
Hasil Pengamatan
KD/Indikator



Marsa dapat menyebutkan dengan benar dari satu persatu huruf (alfabet) yang telah tersedia, dan menyusunnya sesuai dengan namanya sendiri.


(4.11) Menunjukan kemampuan berba- hasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara ver bal dan non verbal)
( Jadi marsa dapat menunjukan kemampuan dalam berbahasa)
(3.5) mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreaktif


CATATAN ANEKDOT


Nama anak     : Marsanda
Usia                  : 4 Tahun
Hari, Tanggal : Senin, 25 Juli 2016                                                 
Waktu
Tempat/
Lokasi
Peristiwa
KD/Indikator yang muncul

09.15







Ruang Bermain

Ketika selesai bermain dan belajar menggunakan huruf, marsa dapat merapikan permainannya dan meletakkannya sesuai pada tempat semula.

2.6 Memiliki perilakuyang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
2.14 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua, pendidik, dan teman
4.2 Menunjukan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia.






Mengetahui

Pengelola/Kepala                                                           Pengamat




Jusmiati, S.E                                                                 Isa Rostafiah




CHECKLIST PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK

Nama                         : Marshanda Usia               
No.
Aspek Perkembangan
KD/Indikator
Pencapaian
Belum Berkembang
Mulai Berkembang
Berkembang Sesuai Harapan
Berkembang Sangat Baik
1
Nilai Agama dan Moral

1.2 Menghargai diri sendiri, oranglain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan





2.
Fisik Motorik
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi dan gerakkannya untuk mengembangkan motorik K & H



3
Kognitif


2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu.



4.
Bahasa

3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)



5.
Sosial emo-sional

2.5 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri



6.
Seni


4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media





Mengetahui

Pengelola/Kepala                                                   Pendidik/Pengasuh



Jusmiati, S.E                                                                Isa Rostafiah








7 komentar:

Chytra Turnip mengatakan...

terimkasih untuk contohnya ya bunda... saya sangat terbantu...:)

Rostafiah mengatakan...

Iyaa bunda, semangatttt:*

Unknown mengatakan...

makasi contohx ya bun..tp klau foto kegiatanx ga dilampirkan ya.

Unknown mengatakan...

terima kasih bunda...

Unknown mengatakan...

Sangat membantu sebagai acuan tugas sya...trimakazihh

Rostafiah mengatakan...

Ok. Terimakasih

Rostafiah mengatakan...

Terimakasih kembali.