INSTRUMEN PENILAIAN LAPORAN TUGAS MANDIRI
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR
NO
|
ASPEK
PENILAIAN
|
INDIKATOR
|
NILAI
TERTINGGI
|
NILAI
YANG DICAPAI
|
|
A.
SAMPUL
LAPORAN
|
1. Kejelasan judul
2. Kejelasan identitas pembuat laporan
3. Kejelasan Lokasi Kegiatan Tugas Mandiri
|
5
|
|
B.
PENGANTAR
|
|
5
|
|
|
C. DAFTAR ISI
|
|
5
|
|
|
D. PENDAHULUAN
|
4. Latar belakang
5. Tujuan
6. Manfaat
7. Waktu dan tempat pelaksanaan
|
15
|
|
|
E. KEGIATAN-KEGIATAN
YANG DILAKSANAKAN SETIAP HARI
|
8. Uraian kegiatan
9. Hasil yang diperoleh
|
30
|
|
|
F. PERMASALAHAN DAN
PEMECAHAN
|
10. Permasalahan
11. Pemecahan
|
10
|
|
|
G. PENUTUP (SIMPULAN DAN
SARAN)
|
12. Simpulan
13. Saran
|
10
|
|
|
H. LAMPIRAN
|
14. Jadwal Kegiatan
15. Rancangan
16. Instrumen Evaluasi
17. Layanan
Kesehatan/Gizi 18. Foto Kegiatan
|
20
|
|
|
TOTAL NILAI
TERTINGGI
|
100
|
|
ABSEN KERJA
NAMA : ISA ROSTAFIAH LEMBAGA : KB. Nurul Falah
NO
|
HARI TANGGAL
|
PARAF
|
KETERANGAN
|
1
|
Senin, 18 Juli 2016
|
1
|
Terlaksana
|
2
|
Selasa, 19 Juli 2016
|
2
|
Terlaksana
|
3
|
Rabu, 20 Juli 2016
|
3
|
Terlaksana
|
4
|
Kamis, 21 Juli 2016
|
4
|
Terlaksana
|
5
|
Jum’at, 22 Juli 2016
|
5
|
Terlaksana
|
6
|
Sabtu, 23 Juli 2016
|
6
|
Terlaksana
|
7
|
Senin, 25 Juli 2016
|
7
|
Terlaksana
|
8
|
Selasa, 26 Juli 2016
|
8
|
Terlaksana
|
9
|
Rabu, 27 Juli 2016
|
9
|
Terlaksana
|
10
|
Kamis, 28 Juli 2016
|
10
|
Terlaksana
|
11
|
Jum’at, 29 Juli 2016
|
11
|
Terlaksana
|
12
|
Sabtu, 30 Juli 2016
|
12
|
Terlaksana
|
13
|
Senin, 01 Agustus 2016
|
13
|
Terlaksana
|
14
|
Selasa, 02 Agustus 2016
|
14
|
Terlaksana
|
15
|
Rabu, 03 Agustus 2016
|
15
|
Terlaksana
|
16
|
Kamis, 04 Agustus 2016
|
16
|
Terlaksana
|
17
|
Jum’at, 05 Agustus 2016
|
17
|
Terlaksana
|
18
|
Sabtu, 06 Agustus 2016
|
18
|
Terlaksana
|
19
|
Senin, 08 Agustus 2016
|
19
|
Terlaksana
|
20
|
Selasa, 09 Agustus 2016
|
20
|
Terlaksana
|
21
|
Rabu, 10 Agustus 2016
|
21
|
Terlaksana
|
22
|
Kamis, 11 Agustus 2016
|
22
|
Terlaksana
|
23
|
Jum’at, 12 Agustus 2016
|
23
|
Terlaksana
|
24
|
Sabtu, 13 Agustus 2016
|
24
|
Terlaksana
|
25
|
Senin, 15 Agustus 2016
|
25
|
Terlaksana
|
PEMETAAN
PROGRAM PENGEMBANGAN
KOMPETENSI
DASAR
1. Nilai-nilai
agama dan moral, meliputi : KD 1.1-1.2-2.13-3.1-4.1-3.2--4.2
2. Fisik
Motorik, meliputi KD 2.1-3.3-4.3-3.4-4.4
3. Kognitif,
meliputi KD 2.2-2.3-3.5-4.5-3.6-4.6-3.7-4.7-3.8-4.8-3.9-4.9
4. Bahasa,
meliputi KD 2.14-3.10-4.10-3.11-4.11-3.12-4.12
5. Sosial-emosional,
meliputi KD 2.5-2.6-2.7-2.8-2.9-2.10-2.11-2.12-3.13-3.14-4.14
6. Seni,
meliputi KD 2.4-3.15-4.15
Mengetahui,
Pengelola/Kepala
Jusmiati, S.E
DETEKSI
DINI TUMBUH KEMBANG ANAK
NO
|
NAMA
|
BERAT BADAN
|
TINGGI BADAN
|
LINGKARAN KEPALA
|
1
|
Aldi Fairus
|
16 Kg
|
108 cm
|
53
|
2
|
Aisyah al-fahlin
|
25 Kg
|
105 cm
|
52
|
3
|
Citra
|
18
Kg
|
95 cm
|
49
|
4
|
Dhea Risky Aulia
|
15 Kg
|
108 cm
|
50
|
5
|
Fathonah
|
18 Kg
|
100 cm
|
51
|
6
|
Muhammad Rendi
|
12 1Kg
|
92 cm
|
49
|
7
|
Marshanda
|
16 Kg
|
105 cm
|
53
|
8
|
Harri
Peterpadalarang
|
25 Kg
|
104 cm
|
53
|
Juli
2016
Mengetahui,
Pengelola/Kepala
Jusmiati, S.E
KELOMPOK
BERMAIN NURUL FALAH
PROGRAM
SEMESTER I
Kelompok
Usia 2-5 Tahun
KOMPETENSI DASAR
|
TEMA
|
SUBTEMA
|
ALOKASI WAKTU
|
1.1,1.2,3.1-4.1
(Nam)
2.1,3.3-4.3,3.4-4,4
(Motorik)
2.5,2.6,2.7,2.8,3.13-4.13
(Sosem),
2.2,3.6-4.6,3.7-4.7,3.8-4,8
(Kognitif),
2.14,3.10-4,10,
3.11-4.11,3.12-4.12 (Bahasa)
3.15-4.15
(Seni)
|
Diriku
|
Identitasku
Tubuhku
Keluargaku
Kesukaanku
|
1 minggu
1 minggu
1 minggu
1 minggu
|
1.1, 1.2,
3.1-4.1 (Nam),
2.1,
3.3- 4.3, 3.4-4,4
( Motorik)
2.9,
2.10, 2.11, 2.12. 3.14-4.13 ( Sosem),
2.3,
3.5-4.5, 3.6-4.6, 3.7-4.7, 3.9- 4.9 ( Kognitif),
2.14,
3.10-4,.10, 3.11-4.11, 3.12, 4.12 ( Bahasa),
3.15-
4.15 ( Seni)
|
Binatang
|
Ayam
Bebek
Kucing
Nyamuk
|
1 minggu
1 minggu
1 minggu
2 minggu
|
1.2, 2.13,
4.3, ( Nam)
2.3, 3.3,
4.3, ( Motorik)
2.9,
2.10, 2.11, 2.12. 3.14-4.13 (Sosem)
2.2,
2.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.8, 4.8, 3.9, 4.9, ( Kognitif)
3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12, (
Bahasa)
2.4,
3.15, 4.15
|
Tanaman
|
Bunga
Sayuran
Buah
Pohon
|
2 minggu
2 minggu
2 minggu
2 minggu
|
Alokasi
Waktu : 17 Minggu
KELOMPOK
BERMAIN NURUL FALAH
PROGRAM
SEMESTER II
Kelompok
Usia 2-5 Tahun
KOMPETENSI DASAR
|
TEMA
|
SUBTEMA
|
ALOKASI WAKTU
|
1.1,1.2,3.1-4.1
(Nam)
2.1,3.3-4.3,3.4-4,4
(Motorik)
2.5,.8,3.13-4.13
(Sosem),
2.2,3.6-4.6,3.7-4.7,3.8-4,8
(Kognitif),
2.14,3.,
3.11-4.11,3.12-4.12 (Bahasa)
3.15-4.15
(Seni)
|
Kendaraan
|
Sepeda
Motor
Mobil
Pesawat
|
2 minggu
1 minggu
2 minggu
1 Minggu
|
1.1, 1.2,
3.1-4.1 (Nam),
2.1,
3.3- 4.3, 3.4-4,4
( Motorik)
2.9,
2.10, 2.. 3.14-4.13 ( Sosem),
2.3,
3.5-4.5, 3.6-4.6, 3.7-4.7, ( Kognitif),
2.14,
3.10-4,.10, 3.11-4.11, 3.12, 4.12 ( Bahasa),
3.15-
4.15 ( Seni)
|
Profesi
|
Guru
Polisi
Nelayan
Petani
|
2 minggu
2minggu
1 minggu
1 minggu
|
1.2, 2.13,
4.3, ( Nam)
2.3, 3.3,
4.3, ( Motorik)
2.11,
2.12. 3.14-4.13 (Sosem)
2.2,
2.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.8,
4.9,
( Kognitif)
3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12, (
Bahasa)
2.4,
3.15,
|
Alam semesta
|
Benda langit
Iklim
Gejala alam
|
2 minggu
1 minggu
2 minggu
|
Alokasi Waktu : 17
Minggu
KELOMPOK
BERMAIN NURUL FALAH
PENGEMBANGAN
TEMA
SEMESTER
I-II
NO
|
TEMA
|
SUB TEMA
|
SUB-SUB TEMA
|
1
|
Diriku
|
Ø Identitasku
Ø Tubuhku
Ø Keluargaku
Ø Kesukaanku
|
·
Namaku
·
Tempat, tanggal, lahir
·
Tempat Tinggal
·
Anggota tubuh
·
Panca Indra
·
Fungsi bagian-bagian tubuh
·
Keluarga kecil
·
Keluarga besar
·
Saudaraku
·
Warna kesukaan
·
Buah kesukaan
·
Hewan peliha-raan
|
2
|
Binatang
|
Ø Ayam
Ø Bebek
Ø Kucing
Ø Nyamuk
|
·
Ciri-ciri ayam
·
Makanan ayam
·
Tempat hidup ayam
·
Suara Bebek
·
Telur bebek
·
Olahan Bebek
·
Anggota tubuh kucing
·
Suara kucing
·
Meniru kucing berjalan
·
Ciri2 nyamuk
·
Mengamati nyamuk
·
Penyebab terja-di nyamuk
·
Akibat nyamuk
·
Mencegah adanya nyamuk
·
Penyakit digigit nyamuk
|
3
|
Tanaman
|
Ø Bunga
Ø Sayuran
Ø Buah
Ø
Pohon
|
·
Bentuk bunga
·
Macam-macam bunga
·
Warna bunga
·
Tempat hidup bunga
·
Cara Menanam bunga
·
Macam-macam sayuran
·
Vitamin yang terkandung
·
Manfaat sayuran
·
Bentuk buah
·
Macam-macam buah
·
Rasa buah
·
Tempat hidup buah
·
Olahan Buah
·
Manfaat buah
·
Macam-macam Pohon
·
Bagian-bagian pohon
·
Ukuran pohon
|
4
|
Kendaraan
|
Ø Sepeda
Ø Motor
Ø
Mobil
Ø
Pesawat
|
·
Bercerita tentang sepeda
·
Berimajinasi
·
Mewarnai sepeda
·
Menyusun bagian-bagian motor
Menirikan
suara mobil
·
Mengkolase pesawat
|
5
|
Profesi
|
Ø Guru
Ø Polisi
Ø Nelayan
Ø
Petani
|
·
Aktifitas guru
·
Tempat kerja guru
·
Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa
·
Pakaian polisi
·
Tugas polisi
·
mengenal rambu-rambu lalu lintas
·
Mengenal huruf N
·
Mencocokan gambar nahkoda dengan lautan
·
Dongeng tentang nelayan
·
Meniru gerakan petani padi
·
Mewarnai gambar petani
·
Mengenal pupuk
·
Mengkolase gambar ladang dengan biji beras
|
6
|
Alam
semesta
|
Ø Benda
langi
Ø Iklim
Ø
Gejala alam
|
·
Matahari
·
Bulan
·
Bintang
·
Pelanet
·
Awan
·
Pelangi
·
Iklim panas
·
Iklim dingin
·
Iklim sedang
·
Banjir
·
Tanah longsor
·
Gempa
·
Kebakaran
·
Kabut asap
·
Badai
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu:
I / Juli/Minggu ke- I
Tema
: Diriku
Subtema
: Identitasku
Sub-tema : -
Kelompok : (usia 3-5 tahun)
KD
|
Materi
Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4.
|
Aku
adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a
Sebelum dan sesudah belajar
Membiasakan
mencuci tangan
Mengenal
identitas diri dan teman
Mengetahui
tempat tinggal
Senang
mengucapkan salam
Senang
mengikuti aturan
pengelompokkan
berdasarkan
senang
melakukan kegiatan
Mendengar
cerita
|
1. Mengenal
nama sendiri
2. Menyusun
huruf nama sendiri
3. menghitung
jumlah nama sendiri
4. mewarnai
angka tanggal lahir
5. megetahui
tanggal kelahiran
6. mencari
angka sesuai dengan tal lahir
7. melukis
gambar green parinting
8. menempel
berimajinasi gambar rumah
9. bercerita
tentang alamat rumah
10. bercerita tentang identitas diri
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu:
I / Juli/Minggu ke- II
Tema
: Diriku
Subtema
: Tubuhku
Sub-tema : -
Kelompok : (usia 3-5 tahun)
KD
|
Materi
Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4.15
|
Tubuhku
adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a
Sebelum dan sesudah belajar
Membiasakan
mencuci tangan
Mengenal
nama anggota tubuh dan fungsinya
Mengenal
cara merawat tubuh dengan baik
Senang
mengucapkan salam
Senang
mengikuti aturan
pengelompokkan
berdasarkan jumlah anggota tubuh dan jumlah potongan-potongan puzlle
Tidak
sombong
Mendengar
cerita
|
1.
Mengetahui cara menimbang berat tubuh
2.
Menyusun gambar anggota tubuh
3.
Menyebutkan fungsi dan bagian anggota tubuh
4.
plastisil membuat bagian2 anggota tubuh
5.
menyebutkan bagian-bagian anggota tubh
6.
berimajinasi gambar bagian-bagian tubuh
7.
Mengenal panca indra (menyebutkan)
8.
Mewarnai gambar mata
9.
mencocokan gambar
10.
Bercerita tentang tubuh
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu:
I /Agustus/Minggu ke-I
Tema
: Diriku
Subtema
: Keluargaku
Sub-tema : -
Kelompok : (usia 3-5 tahun)
KD
|
Materi
Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4
|
Keluargaku adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan
sesudah belajar
Membiasakan mencuci
tangan
Mengenal nama
anggota keluarga
Menyayangi saudara
Senang mengucapkan
salam
Senang mengikuti
aturan
pengelompokkan
berdasarkan perbedaan saudara laki-laki dan perempuan
senang berbagi
Mendengar cerita
|
1.
mengenal dan mewarnai huruf “ayah” .”ibu”.
2.
Menyebutkan nama dalam anggota keluarganya
3.
mencari angka yang sesuai jumlah anggota keluarga
4.
mengkolase huruf
K atau N
5.
menyebutkan ada siapa saja di keluarga besar
6.
menempel huruf kakek dan nenek di buku gambar
7.
mengenal perbedaan laki-laki dan perempuan
8.
menyebutkan ada berapa laki-laki dan perempuan di kelas
9.
mewarnai gambar pakaian laki-laki / perempuan
10.
bercerita tentang keluarga
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu:
I /Agustus/Minggu ke- II
Tema
: Diriku
Subtema
: Kesukaanku
Sub-subtema : -
Kelompok : (usia 3-5 tahun)
KD
|
Materi
Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4
|
aku adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan
sesudah belajar
Membiasakan mencuci
tangan
Mengenal nama
anggota keluarga
Menyayangi saudara
Senang mengucapkan
salam
Senang mengikuti
aturan
pengelompokkan
berdasarkan perbedaan warna
senang bercerita
tentang warna
Mendengar cerita
|
1.
mengenal warna
2.
Menyebutkan warna kesukaan, dan hewan kesukaan
3.
Menyebutkan nama-nama buah yang disukai dan hewan
peliharaan yang disukai
4.
Membuat pelangi dari kertas origami
5.
Menyebutkan warna yang disukai teman
6.
Memilih dan menempel warna kertas rigami yang disukai
7.
mengenal perbedaan warna dan
8.
menyebutkan warna-warna dari balon
9.
berimajinasi membuat balon dengan warna yang disukai
10.
bercerita tentang warna yang disukai
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu:
I /Agustus/Minggu ke- III
Tema
: Binatang
Subtema
: Ayam
Sub-subtema :
Kelompok : (usia 3-5 tahun)
KD
|
Materi
Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4
|
Ayam adalah ciptaan
Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan
sesudah belajar
Membiasakan mencuci
tangan
Mengenal nama ayam
Bercerita
pengalaman tentang pernahkah melihat dimana ayam
Senang mengucapkan
salam
Senang mengikuti
aturan
pengelompokkan
berdasarkan warna-warna ayam
senang memelihara
Mendengar cerita
|
1.
mengenal macam-macam ayam
2.
Menyebutkan ciri-ciri ayam
3.
Menyusun gambar ayam sesuai dengan ukuran
4.
bercerita tentang makanan ayam
5.
Melakukan
pengamatan tentang ciri-ciri ayam
6.
Mencocokan gambar ayam pada gambar tempat tinggalnya
7.
meniru suara ayam, dan ayam berjalan
8.
mengenal perbedaan ayamjantandan ayam betina
9.
membuat gambar ayam yang dengan krayon
10.
bercerita tentang ayam, ciri-cirinya, makanan, tempat
tinggal dan olahan dari ayam.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu:
I /Agustus/Minggu ke- IV
Tema
: Binatang
Subtema
: Bebek
Sub-subtema :
Kelompok : (usia 3-5 tahun)
KD
|
Materi
Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4
|
Hewan adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan
sesudah belajar
Membiasakan mencuci
tangan
Mengenal
perbendaharaan kata bebek
Menyayangi binatang
Senang mengucapkan
salam
Senang mengikuti
aturan
pengelompokkan
berdasarkan perbedaan bentuk, suara, dan cara berjalan hewan tersebut.
senang memelihara
Mendengar cerita
|
1.
mengenal hewan bebek
2.
Menyebutkan perbendaharaan kata bebek
3.
Menirukan bebek berjalan
4.
mengkolase gambar bebek dari biji-bijian
5.
menyebutkan ada perbedaabn bebek jantan dan bebek
betina
6.
menempel huruf bebek ke gambar bebek
7.
mengenal ciri-ciri bebek
8.
menyebutkan mengenal olahan bebek
9.
berimajinasi gambar hewan bebek dari tanah liat
10.
bercerita tentang hewan bebek
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu:
Oktober//Minggu ke- I
Tema
: binatang
Subtema
: kucing
Sub-tema : -
Kelompok : (usia -5 tahun)
KD
|
Materi
Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4
|
Kucing adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan
sesudah belajar
Membiasakan mencuci
tangan
Mengenal
perbendaharaan kata dari hewan kucing
Menyayangi hewan
Senang mengucapkan
salam
Senang mengikuti
aturan
pengelompokkan
berdasarkan bentuk dan suara dari kucing
senang berbagi
cerita tentang kucing yang ada dirumah masing-masing
senang memelihara
Mendengar cerita
|
1.
mengenal perbendaharaan kata kucing
2.
Menyebutkan ciri-ciri kucing
3.
Menyusun puzlle gambar kucing
4.
mengkolase huruf kucing menggunakan kacang hijau
5.
menyebutkan warna-warna dari kucing
6.
menggunting gambar kucing
7.
mengenal perbedaan kucing laki-laki dan perempuan
8.
menyebutkan suara kucing
9.
berimajinasi gambar kucing
10.
bercerita tentang kucing
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu:
I /Oktober/Minggu ke- II
Tema
: Binatang
Subtema
: nyamuk
Sub-tema :
Kelompok : B (usia 2-5 tahun)
KD
|
Materi
Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4
|
Binatang adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan
sesudah belajar
Membiasakan mencuci
tangan
Mengenal nama
anggota keluarga
Menyayangi tempat
tinggal
Senang mengucapkan
salam
Senang mengikuti
aturan
Mengetahui
terjadinya nyamuk
senang
berbagi pengalaman tentang menjaga lingkungan
Mendengar
cerita
|
1. mengenal
nyamuk, ternyadi adanya nyamuk dan akibat digigit nyamuk
2. Menyebutkan
ciri-ciri tempat yang disukai nyamuk
3. Menjaga
kebersihan
4. Mendngeng
tentang ternyadinya nyamuk
5. Mengenal
penyakit digigit nyamuk
6. Mengetahui
cara mencegah penyakit malaria
7. mengenal
perbedaan dampak dari lingkungan bersih dan lingkungan kotor
8. menambah
perbendaharaan kata “ nyamuk”
9. bercerita
tentang nyamuk
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu:
I /Oktober/Minggu ke- III
Tema
: Tanaman
Subtema
: Bunga
Sub-tema : -
Kelompok : B (usia 2-5 tahun)
KD
|
Materi
Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4
|
Bunga adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan
sesudah belajar
Membiasakan mencuci
tangan
Mengenal nama
anggota keluarga
Merawat bunga
Senang mengucapkan
salam
Senang mengikuti
aturan
pengelompokkan
berdasarkan perbedaan dari bentuk dan warna bunga
senang berbagi
cerita tentang bunga
Mendengar cerita
|
1. mengenal
bentuk-bentuk bunga
2. Menyebutkan
maca-macam bunga
3. Mengetahui
cara menanam bunga
4. Praktek
cara menanam dan merawat bunga
5. mengkolase
gambar bunga
6. menyebutkan
ada berapa warna-warna dari bunga
7. menempel
huruf “bung” ke gambar bunga
8. mengenal
perbedaan warna dan bentuk bunga
9. membuat
bunga dari kertas origami
10. bercerita
tentang bunga
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu:
I /Oktober/Minggu ke- IV
Tema
: Tanaman
Subtema
: Sayuran
Sub-tema : -
Kelompok : (usia 3-5 tahun)
KD
|
Materi
Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4
|
Tanaman adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan
sesudah belajar
Membiasakan mencuci
tangan
Mengenal nama
anggota keluarga
Menyayangi tanaman
Senang mengucapkan
salam
Senang mengikuti
aturan
pengelompokkan
berdasarkan bentuk sayuran
senang berbagi
cerita tentang pernah menncoba memakan sayur
Mendengar cerita
|
1. mengenal
bentuk dan macam-macam sayuran
2. Menyebutkan
nama sayuran
3. Mengetahui
manfaat sayuran
4. Mengetahui
Vitamin yang terkandung
5. Mengamati
sayur kangkung
6. menempel
huruf sayur pada gambar sayur
7. mengenal
perbedaan bentuk sayur
8. mengetahuicara
menanam sayur
9. menyebutkan
bagian-bagian dari sayur (kangkung)
10. bercerita
tentang sayuran
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu:
I /November/Minggu ke- I
Tema
: Tanaman
Subtema
: buah
Sub-tema : -
Kelompok : (usia 3-5 tahun)
KD
|
Materi
Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4
|
Buah adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan
sesudah belajar
Membiasakan mencuci
tangan
Mengenal nama dan
bentuk buah
Menyayangi tanaman
Senang mengucapkan
salam
Senang mengikuti
aturan
pengelompokkan
berdasarkan perbedaan warna dari buah
senang berbagi
pengalaman tentang melihat atau mencoba rasa buah
Mendengar cerita
|
1. mengenal
bentuk dan warna buah
2. Menyebutkan
rasa-rasa buah
3. Berimajinasi
gambar buah
4. mengkolase
huruf Buah
5. Mengetahui
manfaat dan olahan dari buah
6. menempel
gambar buah
7. Bermain
peran penjual buah dan pembeli buah
8. menyebutkan
ada berapa macam buah
9. Melukis
gambar buah
10. bercerita
tetang Buah-buahan
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
BERMAIN NURUL FALAH
Semester/Bulan/Minggu:
I /November/Minggu ke II
Tema
: Tanaman
Subtema
: Pohon
Sub-tema : -
Kelompok : (usia 3-5 tahun)
KD
|
Materi
Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-3.4
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15-4
|
Tanaman adalah ciptaan Tuhan,
Berdo’a Sebelum dan
sesudah belajar
Membiasakan mencuci
tangan
Mengenal nama
anggota keluarga
Menyayangi Tanaman
Senang mengucapkan
salam
Senang mengikuti
aturan
pengelompokkan
berdasarkan perbedaan Ukuran pohon
senang berbagi
tentang menjaga merawat pohon
Mendengar cerita
|
1. mengenal
bentuk, macam-macam dan ukuran dari pohon
2. Menyebutkan
Bagian-bagian dari pohon
3. Dongeng
tentang menebang pohon sembarangan
4. Menyusun
huruf pohon ke gambar pohon
5. menyebutkan
ada berapa macam pohon
6. Menonton
video singkat tentang akibat menebang pohon secara liar
7. Menngamati
gambar pohon dan menyebutkan bagian-bagian dri pohon
8. bercerita
tetang pohon
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
KELOMPOK
BERMAIN NURUL FALAH
Semester/
Bulan/minggu ke : 1 / Juli /2
Hari/
Tanggal/ :
Senin, 25
Juli 2016
Kelompok
/ Usia : 3-5
Tahun
Tema/
Sub tema :
Diriku/ Identikasku (Namaku)
KD :
KD:1.1-2.2- 2.3-2.12-3.12-3.6- 3.11- 3.13-4.12-3.15-4.3-4.6
·
MATERI DALAM KEGIATAN:
1. Do’a
sebelum dan sesudah belajar
2. Mengenal
nama diri sendiri ( panggilan dan kepanjangan)
3. Mengenal
nama teman
4. Mengenal
tnggal lahirku disampaikan besok hari
5. Menyanyikan
lagu Aku Ciptaan Tuhan
|
·
MATERI
YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1. Bersyukur sebagai ciptaan tuhan
2. Mengucapkan
salam pada saat menyambut anak datang
3. Berdo’a
sebelum belajar dan menaati peraturan
4. Membiasakan,
mencuci tangan, merapikan tempat makanan.
|
·
ALAT DAN BAHAN
Plastisin, dan cetakan huruf
|
·
PEMBUKAAN ( + 30 MENIT)
1. Bernyanyi
lagu aku ciptaan tuhan
2. Do’a
sebelum belajar
3. Menjelaskan
kegiatan hari ini
4. Mengenalkan
aturan bermain
|
·
INTI (+ 60 MENIT)
1. Guru
mengajak anak mengamati media yang ada
2. Guru
menanyakan konsep subtema
3. Guru
mempersilahkan anak untuk belajar sambil bermain mengenai konsep
4. Anak
melakukan kegiatan sesuai dengan yang diamati dan gagasannya:
Kegiatan 1 :
Mencetak huruf awal dari nama sendiri
Kegiatan 2 :
menghitung jumlah nama sendiri
Kegiatan
3 : menempel nama ke pas foto anak
5. Anak
menceritakan kegiatan yang udah dilakukan
6. Guru
menanyakan pengalaman atau perasaan anak setelah melaksanakan kegiatan
|
·
PENUTUP (+ 30 MENIT)
1. Berdiskusi
kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, main apa yang paling
disukai, dll
2. Menanyakan
perasaan selama hari ini
3. Mengajak
anak untuk berbagi pengalamannya dengan menceritakan belajarnya disekolah
kepada orangtua dan siapa saja
4. Menceritakan
pesan-pesan positif kepada anak agar bisa menghargai namanya
5. Menginformasikan
kegiatan esok hari
6. Berdo’a
setelah belajar
|
RENCANA
PENILAIAN
Indikator Penilaian:
PROGRAM
PENGAMBANGAN
|
KD
|
INDIKATOR
|
Nilai
agama dan moral
Motorik
Sosem
Kognitif
Bahasa
Seni
|
1.1
3.1-4.1
2.1
3.3-4.3
2.5
2.6
3.6-4.6
2.14
3.10-4.10
3.15- 4.15
|
1. Anak
terbiasa bersyukur atas semua ciptaan tuhan
2. Anak
dapat berdo’a sebelum dan sesudah belajar
3. Anak
terbiasa mencuci tangan
4. Anak
dapat menyebutkan perbendaharaan kata “nama ku”
5. Anak
terbiasa memberi salam
6. Anak
terbiasa mengikuti aturan
7. Anak
dapat mencocokan nama sendiri ke foto
8. Anak
memahami cerita yang telah disampaikan
9. Anak
dapat bercerita tentang namanya
10. Anak
dapat menyanyikan lagu “aku ciptaan
tuhan
|
2. Teknik penilaian yang di gunakan
a.
catatan hasil karya
b.
catatan anekdot
c. Skala capaian
perkembangan ( rating scale)
HASIL
KARYA
Nama anak : Marshanda
Usia : 4 Tahun
Hari, Tanggal : Senin, 25
Juli 2016
Hasil karya anak
|
Hasil Pengamatan
|
KD/Indikator
|
|
Marsa
dapat menyebutkan dengan benar dari satu persatu huruf (alfabet) yang telah
tersedia, dan menyusunnya sesuai dengan namanya sendiri.
|
(4.11) Menunjukan
kemampuan berba- hasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara ver bal dan non
verbal)
( Jadi marsa dapat
menunjukan kemampuan dalam berbahasa)
(3.5) mengetahui
cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreaktif
|
CATATAN
ANEKDOT
Nama anak : Marsanda
Usia : 4 Tahun
Hari, Tanggal : Senin, 25
Juli 2016
Waktu
|
Tempat/
Lokasi
|
Peristiwa
|
KD/Indikator yang muncul
|
09.15
|
Ruang
Bermain
|
Ketika
selesai bermain dan belajar menggunakan huruf, marsa dapat merapikan
permainannya dan meletakkannya sesuai pada tempat semula.
|
2.6
Memiliki perilakuyang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari
untuk melatih kedisiplinan
2.14
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua, pendidik,
dan teman
4.2
Menunjukan
perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia.
|
Mengetahui
Pengelola/Kepala Pengamat
Jusmiati, S.E Isa Rostafiah
CHECKLIST
PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK
Nama : Marshanda Usia
No.
|
Aspek Perkembangan
|
KD/Indikator
|
Pencapaian
|
|||
Belum Berkembang
|
Mulai Berkembang
|
Berkembang Sesuai Harapan
|
Berkembang Sangat Baik
|
|||
1
|
Nilai Agama dan Moral
|
1.2 Menghargai diri sendiri, oranglain, dan
lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
|
√
|
|
|
2.
|
Fisik Motorik
|
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi dan
gerakkannya untuk mengembangkan motorik K & H
|
|
|
√
|
|
3
|
Kognitif
|
2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
ingin tahu.
|
|
√
|
|
|
4.
|
Bahasa
|
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak
dan membaca)
|
|
|
√
|
|
5.
|
Sosial
emo-sional
|
2.5 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
percaya diri
|
|
√
|
|
|
6.
|
Seni
|
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni
dengan menggunakan berbagai media
|
|
√
|
|
|
Mengetahui
Pengelola/Kepala Pendidik/Pengasuh
Jusmiati, S.E Isa Rostafiah