Minggu, 30 Januari 2022

Contoh Raport Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

 

Nama   : Alifa Azkadina Asyari (Beby)

Kelas   : KB.

 

 

Moral dan Nilai-nilai Agama

Perkembangan agama dan moral Beby berkembang baik. Beberapa perkembangan agama yang dicapai antara lain mengenal dan mempercayai Allah melalui Ciptaan-Nya. Hal ini nampak ketika Beby  mampu melakukan gerakan dan bacaan Shalat dengan bersama.

Beby juga mampu mengikuti melafalkan doa harian : Doa sebelum berwudhu, dan doa sebelum dan sesudah belajar,  do’a sebelum dan sesudah makan,  dan  serta mampu melafalkan Ikrar Sekolah secara bersama-sam

FISIK MOTORIK

 

Perkembangan motorik berkembang sangat baik. Ia mampu menggunakan kedua tangan saat melakukan gerakan senam, dan kegiatan lainnya seperti  memetik sayur dan ketika melakukan kegiatan bermain diluar ruangan secara aktif

Beby juga mulai menunjukan perkembangan berarti dalam hal hidup sehat. Hal ini tampak ketika Beby mampu mencuci tangan sendiri dan melakukan kegiatan lainnya.

KOGNITIF

  

Pencapaian perkembangan kognitif  Beby dalam semester ini berkembang baik. Beby dapat membedakan jenis benda-benda yang sama,  mampu mengikuti kegiatan menghitung secara bersama, Beby juga mampu menyebutkan binatang yang ada/hidup air sepert (ikan), dan Beby bisa menyusun berbagai macam huruf dari biji plastic mainan.

 

BAHASA

Perkembangan bahasa Beby berkembang baik. Beby mampu menceritakan suatu benda yang ada di dekatnya, menyimak instruksi guru dengan memberikan respon yang tepat ketika di Tanya . Kemampuan menyimak petunjuk yang diberikan guru juga tampak ketika ia memahami instruksi guru saat menjelaskan aturan belajar dan bermain.

Perkembangan bahasa lainnya yang tampak antara lain, Baby mampu menunjukan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya. Baby mampu menceritakan kembali cerita yang didengarkan contoh bercerita tentang manfaat sayuran, dan fungsi bagi tubuh.

SOSIAL EMOSIONAL

  

Perkembangan sosial emosional Beby berkembang baik. Hal ini tampak ketika Beby mampu bersabar menunggu giliran antri berbaris saat hendak berwudhu, sabar ketika bergantian menggunakan alat main bersama teman, bertanggung jawab membereskan mainan seusai bermain. bertanggung jawab merapikan kembali tempat makanannya seusai makan bersama.

 

 

 

 

SENI

    

Perkembangan seni Beby berkembang baik. Beby mampu menunjukan kreatifitas berbagai karya. Apresiasi seni tampak ketika Beby mampu membuat kapal dari kertas origami dan menjiplak daun geometri, serta mewarnai sebuah gambar.

Hal ini menunjukan bahwa Beby mampu  menunjukan karya dan aktifitas serta menggunakan berbagai media. (buku gambar, crayon, dll)

 

Kehadiran

Sakit

....................Hari

 

Izin

....................Hari

 

Tanpa Keterangan

....................Hari

 

Diberikan        : Jambi.

Pada tanggal   : 24 Desember 2021

Orang Tua/Wali                                      Mengetahui                                       Pendidik

                                                               Pengelola KB

                                                              Nurul Falah

 

 

(........................)                              NURSAADAH, S.Pd.I                ISA ROSTAFIAH, S.Pd 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nama   : Syarmila Khoiriyah Boru Munthe (Mila)

Kelas   : KB.

Moral dan Nilai-nilai Agama

 

Perkembangan agama dan moral Mila berkembang baik. Beberapa perkembangan agama yang dicapai antara lain mengenal dan mempercayai Allah melalui Ciptaan-Nya. Hal ini nampak ketika Mila  mampu melakukan gerakan dan bacaan Shalat dengan bersama.

Mila juga mampu mengikuti melafalkan doa harian : Doa sebelum berwudhu, dan doa sebelum dan sesudah belajar,  do’a sebelum dan sesudah makan,  dan  serta mampu melafalkan Ikrar Sekolah secara bersama-sama.

FISIK MOTORIK

   

Perkembangan motorik berkembang baik. Ia mampu menggunakan kedua tangan dan kaki saat melakukan gerakan motorik halus (menyusun potongan balok) dan motorik kasar (senam) dan ketika melakukan kegiatan bermain diluar ruangan secara aktif

Mila juga mulai menunjukan perkembangan berarti dalam hal hidup sehat. Hal ini tampak ketika Mila mampu mencuci tangan sendiri dan membuang sampah pada tempatnya

KOGNITIF

 

Pencapaian perkembangan kognitif  Mila dalam semester ini berkembang cukup baik. Mila dapat membedakan jenis makanan sehat dan tidak sehat, serta mampu mengetahui menyebutkan kembali bagian-bagian ikan beserta fungsinya. Mila  juga dapat memainkan jari untuk berhitung 1-10 secara bersama, dan Mila bisa menyusun berbagai macam huruf dari biji plastik mainan.

BAHASA

    

Perkembangan bahasa Mila berkembang baik. Mila mampu menyimak instruksi guru dengan memberikan respon yang tepat. Kemampuan menyimak petunjuk yang diberikan guru juga tampak ketika ia memahami instruksi guru saat menjelaskan aturan belajar dan bermain.

Perkembangan bahasa lainnya yang tampak antara lain, Mila mampu menunjukan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya. Mila mampu menyusun stik kayu membentuk berbagai huruf.

 

SOSIAL EMOSIONAL

Perkembangan sosial emosional Mila berkembang dengan baik. Hal ini tampak ketika Mila mampu bersabar menunggu giliran antri berbaris saat hendak berwudhu, bertanggung jawab meletakkan mainan kembali ke tempat nya setelah selesai bermain dan secara mandiri bersabar melipat mukenah nya sendiri setelah shalat

 

 

SENI

Perkembangan seni Mila berkembang  baik. Mila mampu menunjukan kreatifitas berbagai karya. Apresiasi seni tampak ketika Mila mampu membuat kolase dengan menggunakan biji-bijian atau kertas origami.

Hal ini menunjukan bahwa Mila mampu  menunjukan karya dan aktifitas serta menggunakan berbagai media.

 

Kehadiran

Sakit

....................Hari

 

Izin

....................Hari

 

Tanpa Keterangan

....................Hari

 

Diberikan        : Jambi.

Pada tanggal   : 24 Desember 2021

Orang Tua/Wali                                      Mengetahui                                       Pendidik

                                                               Pengelola KB

                                                              Nurul Falah

 

 

(........................)                              NURSAADAH, S.Pd.I                 ISA ROSTAFIAH, S.Pd 

 

 

 

 

Nama   : Ayesa Salma (Echa)

Kelas   : KB

Moral dan Nilai-nilai Agama

 

Perkembangan agama dan moral Echa berkembang baik. Beberapa perkembangan agama yang dicapai antara lain mengenal dan mempercayai Allah melalui Ciptaan-Nya. Hal ini nampak ketika Echa  mampu melakukan gerakan dan bacaan Shalat dengan bersama.

Echa juga mampu mengikuti melafalkan doa harian : Doa sebelum berwudhu, dan doa sebelum dan sesudah belajar,  do’a sebelum dan sesudah makan,  dan  serta mampu melafalkan Ikrar Sekolah secara bersama-sama.

FISIK MOTORIK

     

Perkembangan motorik berkembang sangat baik.  Ia mampu menggunakan kedua tangan dan kaki saat melakukan gerakan senam, memegang suatu benda dengan baik, dan ketika melakukan kegiatan bermain diluar ruangan secara aktif

Echa juga mulai menunjukan perkembangan berarti dalam hal hidup sehat. Hal ini tampak ketika Echa mampu mencuci tangan sendiri, Merapikan kembali mainan yang telah dipakai, membuang sampah pada tempatnya. 

KOGNITIF

   

Pencapaian perkembangan kognitif Echa dalam semester ini berkembang baik. Echa dapat membedakan jenis benda melalui bentuk dan warna, serta mampu mengetahui menyebutkan kembali  bagian-bagian ikan beserta fungsinya. Echa juga mampu menyebutkan kembali kendaraan yang ada di laut dan di  darat,dan Echa bisa menyusun berbagai macam huruf dari biji plastik mainan.

BAHASA

Perkembangan bahasa Echa berkembang sangat baik. Echa mampu menyimak instruksi guru dengan memberikan respon yang tepat. Kemampuan menyimak petunjuk yang diberikan guru juga tampak ketika ia memahami instruksi guru saat menjelaskan aturan belajar dan bermain.

Perkembangan bahasa lainnya yang tampak antara lain, Echa mampu menunjukan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya. Echa mampu menyusun kembali stik kayu membentuk berbagai huruf. Dapat perlahan menyebutkan nama warna.

SOSIAL EMOSIONAL

Perkembangan sosial emosional Echa berkembang sangat baik. Hal ini tampak ketika Echa mampu bersabar menunggu giliran antri berbaris saat hendak berwudhu, bertanggung jawab meletakkan mainan kembali ke tempat nya setelah selesai bermain dan secara mandiri bersabar menunggu giliran untuk bermain (memancing ikan), dapat mengikuti kegiatan melipat mukenah nya sendiri setelah shalat.

SENI

 

Perkembangan seni Echa berkemban baik. Echa mampu menunjukan kreatifitas berbagai karya. Apresiasi seni tampak ketika Echa mampu memgambar tahap awal dengan coretan dan membuat Burung merak dari daun singkong dan kertas origami.

Hal ini menunjukan bahwa Echa mampu  menunjukan karya dan aktifitas serta menggunakan berbagai media.

Kehadiran

Sakit

....................Hari

 

Izin

....................Hari

 

Tanpa Keterangan

....................Hari

 

Diberikan        : Jambi.

Pada tanggal   : 24 Desember 2021

Orang Tua/Wali                                      Mengetahui                                       Pendidik

                                                               Pengelola KB

                                                              Nurul Falah

 

 

(........................)                              NURSAADAH, S.Pd.I                 ISA ROSTAFIAH, S.Pd 

 

 

 

 

 

 

 

Nama   : Galih Alfatih (Galih)

Kelas   : KB

 

Moral dan Nilai-nilai Agama

   

Perkembangan agama dan moral Galih berkembang baik. Beberapa perkembangan agama yang dicapai antara lain mengenal dan mempercayai Allah melalui Ciptaan-Nya. Hal ini nampak ketika Galih  mampu melakukan gerakan dan bacaan Shalat dengan bersama.

Galih juga mampu mengikuti melafalkan doa harian : Doa sebelum berwudhu, dan doa sebelum dan sesudah belajar,  do’a sebelum dan sesudah makan,  dan  serta mampu melafalkan Ikrar Sekolah secara bersama-sama.

FISIK MOTORIK

     

Perkembangan motorik berkembang sangat baik. Ia mampu menggunakan kedua tangan dan kaki saat melakukan gerakan senam dan ketika melakukan kegiatan bermain diluar ruangan secara aktif

Galih juga mulai menunjukan perkembangan berarti dalam hal hidup sehat. Hal ini tampak ketika Galih mampu mencuci tangan sendiri dan membuang sampah pada tempatnya.

KOGNITIF

  

Pencapaian perkembangan kognitif Galih dalam semester ini berkembang baik. Galih dapat membedakan jenis benda dengan bentuk, ukuran, dan warna, serta mampu mengurutkan ukuran dari yang besar ke kecil, dari yang kecil ke besar,  mampu menyebutkan kembali hewan yang ada di laut dan di  darat dan udara. Galih juga mampu menyebutkan kegunaan sayur bagi tubuh.

BAHASA

      

Perkembangan bahasa Galih berkembang baik. Galih mampu menyimak instruksi guru dengan memberikan respon yang tepat. Kemampuan menyimak petunjuk yang diberikan guru juga tampak ketika ia memahami instruksi guru saat menjelaskan aturan belajar dan bermain.

Perkembangan bahasa lainnya yang tampak antara lain, Galih  mampu menunjukan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya. Galih mampu menyusun stik kayu membentuk berbagai huruf, menyebutkan rasa dari makanan yang ia makan.

 

 

 

 

SOSIAL EMOSIONAL

Perkembangan sosial emosional Galih berkembang sangat baik. Hal ini tampak ketika Galih mampu bersabar menunggu giliran antri berbaris saat hendak berwudhu, bertanggung jawab meletakkan mainan kembali ke tempat nya setelah selesai bermain dan secara mandiri bersabar melipat sajadah nya sendiri setelah shalat.

 

SENI

Perkembangan seni Galih  berkembang sangat baik. Galih mampu menunjukan kreatifitas berbagai karya. Apresiasi seni tampak ketika Galih mampu menjiplak geometri, dan melipat kertas dari kertas origami.

Hal ini menunjukan bahwa Galih mampu  menunjukan karya dan aktifitas serta menggunakan berbagai media.

 

Kehadiran

Sakit

....................Hari

 

Izin

....................Hari

 

Tanpa Keterangan

....................Hari

Diberikan        : Jambi.

Pada tanggal   : 24 Desember 2021

Orang Tua/Wali                                      Mengetahui                                       Pendidik

                                                               Pengelola KB

                                                              Nurul Falah

 

 

(........................)                              NURSAADAH, S.Pd.I                 ISA ROSTAFIAH, S.Pd 

Nama   : Ibrahim Al kafi (Baim)

Kelas   : KB.

 

Moral dan Nilai-nilai Agama

 

Perkembangan agama dan moral Baim berkembang baik. Beberapa perkembangan agama yang dicapai antara lain mengenal dan mempercayai Allah melalui Ciptaan-Nya. Hal ini nampak ketika Baim  mampu mengikuti melakukan gerakan dan bacaan Shalat dengan bersama.

Baim juga mampu mengikuti melafalkan doa harian : Doa sebelum berwudhu, dan doa sebelum dan sesudah belajar,  do’a sebelum dan sesudah makan,  dan  serta mampu melafalkan Ikrar Sekolah secara bersama-sama.

 

FISIK MOTORIK

 

Perkembangan motorik berkembang baik. Ia mampu menggunakan kedua tangan dan kaki saat melakukan gerakan senam dan ketika melakukan kegiatan bermain diluar ruangan secara aktif seperti melempar menangkap bola.

Baim juga mulai menunjukan perkembangan berarti dalam hal hidup sehat. Hal ini tampak ketika Baim mampu mencuci tangan sendiri dan merapikan mainannya sendiri setelah digunakan.

 

KOGNITIF

   

Pencapaian perkembangan kognitif Baim dalam semester ini berkembang baik. Baim dapat membedakan jenis benda melalui bentuk, warna dan ukuran, mampu mengurutkan ukuran benda dari yang besar ke kecil, dari yang kecil ke besar, mampu menyebutkan kembali hewan yang ada di laut dan di  darat, udara, menghitung ikan yang ada di baskom, Baim mampu berkreasi menciptakan karya melalui imajinasinya (membuat kucing)  Baim juga mampu menyebutkan manfaat sayuran bagi tubuh.

 

 

BAHASA

  

Perkembangan bahasa Baim berkembang sangat baik. Baim mampu menyimak instruksi guru dengan memberikan respon yang tepat. Kemampuan menyimak petunjuk yang diberikan guru juga tampak ketika ia memahami instruksi guru saat menjelaskan aturan belajar dan bermain.

Perkembangan bahasa lainnya yang tampak antara lain, Baim mampu menunjukan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya. Baim mampu menyusun biji plastik membuat sebuah huruf.

 

 

SOSIAL EMOSIONAL

 

Perkembangan sosial emosional Baim berkembang baik. Hal ini tampak ketika Baim mampu bersabar menunggu giliran bermain atau antri berbaris saat hendak berwudhu, bertanggung jawab meletakkan mainan kembali ke tempat nya setelah selesai bermain, secara mandiri bersabar melipat sajadah nya sendiri setelah shalat dan membuka botol minum sendiri tanpa bantuan guru.

 

SENI

   

Perkembangan seni Baim berkembang sesuai harapan. Baim mampu menunjukan kreatifitas berbagai karya. Apresiasi seni tampak ketika Baim mampu mengikuti kegiatan melipat kertas  membuat kelinci dari kertas origami.

Hal ini menunjukan bahwa Baim mampu  menunjukan karya dan aktifitas serta menggunakan berbagai media.

 

Kehadiran

Sakit

....................Hari

 

Izin

....................Hari

 

Tanpa Keterangan

....................Hari

 

Diberikan        : Jambi.

Pada tanggal   : 24 Desember 2021

Orang Tua/Wali                                      Mengetahui                                       Pendidik

                                                               Pengelola KB

                                                              Nurul Falah

 

 

(........................)                              NURSAADAH, S.Pd.I                 ISA ROSTAFIAH, S.Pd

Nama   : Naira Aninda Inara (Nara)

Kelas   : KB.

 

Moral dan Nilai-nilai Agama

 

Perkembangan agama dan moral Nara berkembang baik. Beberapa perkembangan agama yang dicapai antara lain mengenal dan mempercayai Allah melalui Ciptaan-Nya. Hal ini nampak ketika Nara mampu melakukan gerakan dan bacaan Shalat dengan bersama.

Nara juga mampu mengikuti melafalkan doa harian : Doa sebelum berwudhu, dan doa sebelum dan sesudah belajar,  do’a sebelum dan sesudah makan,  dan  serta mampu melafalkan Ikrar Sekolah secara bersama-sama.

 

FISIK MOTORIK

   

Perkembangan motorik berkembang baik. Ia mampu menggunakan kedua tangan dan kaki saat melakukan gerakan senam. mampu menggunakan kedua tangan untuk memegang dan menggunakan benda dengan baik, dapat melakukan kegiatan bermain diluar ruangan secara aktif.

Nara juga mulai menunjukan perkembangan berarti dalam hal hidup sehat. Hal ini tampak ketika Nara mampu mencuci tangan sendiri dan melakukan kegiatan berjemur sebagai salah satu langkah pencegahan virus Covid 19.

 

KOGNITIF

      

Pencapaian perkembangan kognitif  Nara dalam semester ini berkembang sangat baik. Nara dapat membedakan jenis benda melauli bentuk, warna, dan ukuran, mampu mengurutkan benda dari ukuran besar ke kecil, benda dari ukuran kecil ke besar, serta mampu menyebutkan kendaraan yang ada di laut dan di  darat. Nara juga mampu menyebutkan kembali manfaat sayuran bagi tubuh.

 

 

 

BAHASA

       

Perkembangan bahasa Nara berkembang sesuai harapan. Nara mampu menyimak instruksi guru dengan memberikan respon yang tepat. Kemampuan menyimak petunjuk yang diberikan guru juga tampak ketika ia memahami instruksi guru saat menjelaskan aturan belajar dan bermain.

Perkembangan bahasa lainnya yang tampak antara lain, Nara mampu menunjukan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya. Nara mampu menyusun bolak kayu membentuk sebuah bangunan sesuai imajinasinya. Perlahan dapat mengenal benda dan menyebutkan warna.

 

SOSIAL EMOSIONAL

Perkembangan sosial emosional Nara berkembang sesuai harapan. Hal ini tampak ketika Nara mampu bersabar menunggu giliran antri berbaris saat hendak berwudhu, bertanggung jawab merapikan alat belajarnya, meletakkan mainan kembali ke tempat nya setelah selesai bermain, secara mandiri bersabar melipat sajadah nya sendiri setelah shalat dan membuka kemasan minuman sendiri tanpa bantuan guru.

SENI

  

Perkembangan seni Nara berkembang sangat baik. Nara mampu menunjukan kreatifitas berbagai karya. Apresiasi seni tampak ketika Nara mampu membuat bentuk geometri, menjiplak dan mampu menirukan membuat gambar bola dari hasil penglihatannya langsung.

Hal ini menunjukan bahwa Nara mampu  menunjukan karya dan aktifitas serta menggunakan berbagai media.

 

Kehadiran

Sakit

....................Hari

 

Izin

....................Hari

 

Tanpa Keterangan

....................Hari

 

Diberikan        : Jambi.

Pada tanggal   : 24 Desember 2021

Orang Tua/Wali                                      Mengetahui                                       Pendidik

                                                               Pengelola KB

                                                              Nurul Falah

 

 

(........................)                              NURSAADAH, S.Pd.I                 ISA ROSTAFIAH, S.Pd 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

             

Nama   : Kaela Anaya Saptono (Keke)

Kelas   : KB

 

Moral dan Nilai-nilai Agama

    

Perkembangan agama dan moral Keke berkembang sesuai harapan. Beberapa perkembangan agama yang dicapai antara lain mengenal dan mempercayai Allah melalui Ciptaan-Nya. Hal ini nampak ketika Keke mampu melakukan gerakan dan bacaan Shalat dengan benar melalui bimbingan guru serta melafalkan Surat Al-Kautsar, An-Nasr, Al-Ashr.

Keke  juga mampu melafalkan doa harian bersama-sama : Doa sebelum berwudhu, dan doa sebelum belajar, serta mampu melafalkan Ikrar Sekolah

 

 

FISIK MOTORIK

 

Perkembangan motorik berkembang sangat baik. Ia mampu menggunakan kedua tangan dan kaki saat melakukan gerakan senam dan ketika melakukan kegiatan bermain diluar ruangan secara aktif

Keke juga mulai menunjukan perkembangan berarti dalam hal hidup sehat. Hal ini tampak ketika Keke mampu mencuci tangan sendiri dan melakukan kegiatan berjemur sebagai salah satu langkah pencegahan virus Covid 19.

 

 

KOGNITIF

 

Pencapaian perkembangan kognitif Keke dalam semester ini berkembang sangat baik. Keke dapat membedakan jenis benda dalam bentuk, ukuran, warna, mampu menirukan huruf atau angka, serta mampu menyebutkan kendaraan yang ada di laut dan di  darat. Keke juga mampu menyebutkan manfaat sayuran.

 

 

BAHASA

Perkembangan bahasa Keke berkembang sesuai harapan. Keke mampu menyimak instruksi guru dengan memberikan respon yang tepat. Kemampuan menyimak petunjuk yang diberikan guru juga tampak ketika ia memahami instruksi guru saat menjelaskan aturan belajar dan bermain.

Perkembangan bahasa lainnya yang tampak antara lain, Keke mampu menunjukan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya. Keke mampu menyusun biji plastik membentuk sebuah huruf.

 

 

SOSIAL EMOSIONAL

Perkembangan sosial emosional Keke berkembang sesuai harapan. Hal ini tampak ketika Keke mampu bersabar menunggu giliran antri berbaris saat hendak berwudhu, bertanggung jawab meletakkan mainan kembali ke tempat nya setelah selesai bermain, secara mandiri bersabar melipat sajadah nya sendiri setelah shalat.

 

 

SENI

Perkembangan seni Keke berkembang sangat baik. Keke mampu menunjukan kreatifitas berbagai karya. Apresiasi seni tampak ketika Keke mampu membuat bentuk ketupat, membuat kolase kupu-kupu dan mampu menirukan membuat gambar bola dari hasil penglihatannya langsung.

Hal ini menunjukan bahwa Keke mampu  menunjukan karya dan aktifitas serta menggunakan berbagai media.

 

Kehadiran

Sakit

....................Hari

 

Izin

....................Hari

 

Tanpa Keterangan

....................Hari

 

Diberikan        : Jambi.

Pada tanggal   : 24 Desember 2021

Orang Tua/Wali                                      Mengetahui                                       Pendidik

                                                               Pengelola KB

                                                              Nurul Falah

 

 

(........................)                              NURSAADAH, S.Pd.I                 ISA ROSTAFIAH, S.Pd 

                         

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nama   : Khalisa Dwina Alira  (Khalisa)

Kelas   : KB

 

Moral dan Nilai-nilai Agama

 

Perkembangan agama dan moral Khalisa berkembang sesuai harapan. Beberapa perkembangan agama yang dicapai antara lain mengenal dan mempercayai Allah melalui Ciptaan-Nya. Hal ini nampak ketika Khalisa mampu melakukan gerakan dan bacaan Shalat dengan benar melalui bimbingan guru serta melafalkan Surat Al-Kautsar, An-Nasr, Al-Ashr.

Khalisa juga mampu mengikuti melafalkan doa harian : Doa sebelum berwudhu, dan doa sebelum belajar, serta mampu melafalkan Ikra Sekolah

 

FISIK MOTORIK

  

 

Perkembangan motorik berkembang sangat baik. Ia mampu menggunakan kedua tangan dan kaki saat melakukan gerakan senam dan ketika melakukan kegiatan bermain diluar ruangan secara aktif

Khalisa juga mulai menunjukan perkembangan berarti dalam hal hidup sehat. Hal ini tampak ketika Khalisa mampu mencuci tangan sendiri dan melakukan kegiatan berjemur sebagai salah satu langkah pencegahan virus Covid 19.

 

KOGNITIF

Pencapaian perkembangan kognitif  Khalisa dalam semester ini berkembang sangat baik. Khalisa  dapat membedakan jenis makanan halal dan haram, mampu menuliskan kalimat ‘4 sehat 5 sempurna’, serta mampu menyebutkan kendaraan yang ada di laut dan di  darat. Khalisa juga mampu menyebutkan manfaat sayuran bagi tubuh.

 

 

BAHASA

Perkembangan bahasa Khalisa berkembang sesuai harapan. Khalisa mampu menyimak instruksi guru dengan memberikan respon yang tepat. Kemampuan menyimak petunjuk yang diberikan guru juga tampak ketika ia memahami instruksi guru saat menjelaskan aturan belajar dan bermain.

Perkembangan bahasa lainnya yang tampak antara lain, Khalisa mampu menunjukan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya. Khalisa mampu menyusun biji plastik membentuk sebuah huruf.

 

SOSIAL EMOSIONAL

Perkembangan sosial emosional Khalisa berkembang sesuai harapan. Hal ini tampak ketika Khalisa mampu bersabar menunggu giliran antri berbaris saat hendak berwudhu, bertanggung jawab merapikan alat belajarnya, meletakkan mainan kembali ke tempat nya setelah selesai bermain, secara mandiri bersabar melipat sajadah nya sendiri setelah shalat.

SENI

Perkembangan seni Khalisa berkembang sesuai harapan. Khalisa mampu menunjukan kreatifitas berbagai karya. Apresiasi seni tampak ketika Khalisa mampu membuat kolase pisang dan mampu menirukan membuat gambar cabai dari hasil penglihatannya langsung.

Hal ini menunjukan bahwa Khalisa mampu  menunjukan karya dan aktifitas serta menggunakan berbagai media.

Kehadiran

Sakit

....................Hari

 

Izin

....................Hari

 

Tanpa Keterangan

....................Hari

 

Diberikan        : Jambi.

Pada tanggal   : 24 Desember 2021

Orang Tua/Wali                                      Mengetahui                                       Pendidik

                                                               Pengelola KB

                                                              Nurul Falah

 

 

(........................)                              NURSAADAH, S.Pd.I                 ISA ROSTAFIAH, S.Pd 

Nama   :  Al ihsan Pratama

Kelas   : KB

 

Moral dan Nilai-nilai Agama

 

Perkembangan agama dan moral Ihsan berkembang sesuai harapan. Beberapa perkembangan agama yang dicapai antara lain mengenal dan mempercayai Allah melalui Ciptaan-Nya. Hal ini nampak ketika Ihsan mampu perlahan  melakukan gerakan Sholat dan berdoa.

Ihsan juga mampu mengikuti kegiatan melafalkan doa harian : Doa sebelum berwudhu, dan doa sebelum belajar, serta mampu melafalkan Ikrar sekolah secara bersama-sama.

 

 

FISIK MOTORIK

 

Perkembangan motorik berkembang sangat baik. Ia mampu menggunakan kedua tangan dan kaki saat melakukan gerakan senam dan ketika melakukan kegiatan bermain diluar ruangan secara aktif

Ihsan  juga mulai menunjukan perkembangan berarti dalam hal hidup sehat. Hal ini tampak ketika Ihsan mampu mencuci tangan sendiri dan melakukan kegiatan berjemur sebagai salah satu langkah pencegahan virus Covid 19.

 

 

KOGNITIF

    

Pencapaian perkembangan kognitif  Ihsan dalam semester ini berkembang sesuai harapan. Ihsan dapat membedakan jenis benda dalam bentuk ukurant, mampu menirukan kegiatan mengurutkan benda ukuran besar ke kecil, dari terkecil hingga ke besar,  

 

 

BAHASA

Perkembangan bahasa Ihsan berkembang sesuai harapan. Ihsan mampu menyimak instruksi guru dengan memberikan respon yang tepat. Kemampuan menyimak petunjuk yang diberikan guru juga tampak ketika ia memahami instruksi guru saat menjelaskan aturan belajar dan bermain.

Perkembangan bahasa lainnya yang tampak antara lain, Ihsan mampu menunjukan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya. Ihsan mampu menyusun biji plastik membentuk sebuah huruf.

 

 

SOSIAL EMOSIONAL

Perkembangan sosial emosional Ihsan berkembang sangat baik. Hal ini tampak ketika Ihsan mampu bersabar menunggu giliran antri berbaris saat hendak berwudhu, bertanggung jawab meletakkan mainan kembali ke tempat nya setelah selesai bermain, secara mandiri bersabar melipat Sejadah.

 

SENI

Perkembangan seni Ihsan berkembang sesuai harapan. Ihsan mampu menunjukan kreatifitas berbagai karya. Apresiasi seni tampak ketika Ihsan mampu membuat kolase kupu-kupu dengan menggunakan biji jagung.

Hal ini menunjukan bahwa Ihsan mampu  menunjukan karya dan aktifitas serta menggunakan berbagai media.

Kehadiran

Sakit

....................Hari

 

Izin

....................Hari

 

Tanpa Keterangan

....................Hari

 

Diberikan        : Jambi.

Pada tanggal   : 24 Desember 2021

Orang Tua/Wali                                      Mengetahui                                       Pendidik

                                                               Pengelola KB

                                                              Nurul Falah

 

 

(........................)                              NURSAADAH, S.Pd.I                 ISA ROSTAFIAH, S.Pd 

 

 

 

 

 

 

 

Nama   : Ferelian Raya Rezkia Batu Bara

Kelas   : TK

 

Moral dan Nilai-nilai Agama

 

Perkembangan agama dan moral Alea berkembang sesuai harapan. Beberapa perkembangan agama yang dicapai antara lain mengenal dan mempercayai Allah melalui Ciptaan-Nya. Hal ini nampak ketika Alea mampu melakukan gerakan dan bacaan Shalat dengan benar melalui bimbingan guru serta melafalkan Surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlas

Alea juga mampu melafalkan doa harian : Doa sebelum dan sesudah berwudhu, doa sebelum dan Sesudah belajar, Do’a Orang tua serta mampu melafalkan Ikrar sekolah.

 

FISIK MOTORIK

 

Perkembangan motorik berkembang sangat baik. Ia mampu menggunakan kedua tangan dan kaki saat melakukan gerakan senam dan ketika melakukan kegiatan bermain diluar ruangan secara aktif

Alea juga mulai menunjukan perkembangan berarti dalam hal hidup sehat. Hal ini tampak ketika Bima mampu mencuci tangan sendiri dan melakukan kegiatan berjemur sebagai salah satu langkah pencegahan virus Covid 19.

 

KOGNITIF

  

Pencapaian perkembangan kognitif Alea dalam semester ini berkembang sesuai harapan (BSH). Alea mampu mengetahui barang-barang perlengkapan dokter, mampu menghitung jumlah benda sesuai dengan angka yang tertera,  dan mampu membaca huruf Hijaiyah.

 

BAHASA

     

Perkembangan bahasa berkembang baik. Alea mampu menyimak instruksi guru dengan memberikan respon yang tepat. Kemampuan menyimak petunjuk yang diberikan guru juga tampak ketika ia memahami instruksi guru saat menjelaskan aturan belajar dan bermain.

Perkembangan bahasa lainnya yang tampak antara lain, Alea mampu menunjukan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya. Alea mampu menyusun balok kayu membentuk sebuah bangunan sesuai imajinasinya.

SOSIAL EMOSIONAL

 

Perkembangan sosial emosional Alea berkembang sesuai harapan. Hal ini tampak ketika Alea mampu bersabar menunggu giliran antri berbaris saat hendak mencuci tangan, bertanggung jawab meletakkan mainan kembali ke tempat nya setelah selesai bermain, secara mandiri bersabar melipat sajadah nya sendiri setelah shalat.

 

SENI

Perkembangan seni Alea berkembang sesuai harapan. Alea mampu menunjukan kreatifitas berbagai karya. Hal ini tampak ketika Alea dapat berimajinasi membuat dan mewarnai gambar.

Hal ini menunjukan bahwa Alea mampu menunjukan karya dan aktifitas serta menggunakan berbagai media.

 

Kehadiran

Sakit

....................Hari

 

Izin

....................Hari

 

Tanpa Keterangan

....................Hari

 

Diberikan        : Jambi.

Pada tanggal   : 24 Desember 2021

Orang Tua/Wali                                      Mengetahui                                       Pendidik

                                                               Pengelola KB

                                                              Nurul Falah

 

 

(........................)                              NURSAADAH, S.Pd.I                 ISA ROSTAFIAH, S.Pd 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nama   : M. Haikal Aprilio

Kelas   : TK

Moral dan Nilai-nilai Agama

   

Perkembangan agama dan moral Bumi berkembang sesuai harapan. Beberapa perkembangan agama yang dicapai antara lain mengenal dan mempercayai Allah melalui Ciptaan-Nya. Hal ini nampak ketika Haikal mampu melakukan gerakan dan bacaan Shalat dengan benar melalui bimbingan guru serta melafalkan Surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlas

Haikal juga mampu melafalkan doa harian : Doa sebelum berwudhu, dan doa sebelum belajar, serta mampu melafalkan Ikrar sekolah.

 

FISIK MOTORIK

           

Perkembangan motorik berkembang sangat baik. Ia mampu menggunakan kedua tangan dan kaki saat melakukan gerakan senam dan ketika melakukan kegiatan bermain diluar ruangan secara aktif

Haikal juga mulai menunjukan perkembangan berarti dalam hal hidup sehat. Hal ini tampak ketika Haikal mampu mencuci tangan sendiri dan melakukan kegiatan berjemur sebagai salah satu langkah pencegahan virus Covid 19.

KOGNITIF

  

  

Pencapaian perkembangan kognitif  Haikal dalam semester ini berkembang baik. Haikal mampu mengetahui barang-barang perlengkapan Dokter. Serta dapay

BAHASA

   

Perkembangan bahasa Haikal berkembang sangat baik. Haikal mampu menyimak instruksi guru dengan memberikan respon yang tepat. Kemampuan menyimak petunjuk yang diberikan guru juga tampak ketika ia memahami instruksi guru saat menjelaskan aturan belajar dan bermain.

Perkembangan bahasa lainnya yang tampak antara lain, Haikal mampu menunjukan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya dapat menyusun suatu kata dengan potongan huruf. Haikal mampu menceritakan berbagai rasa, pahit, manis, asin,

 

SOSIAL EMOSIONAL

Perkembangan sosial emosional Haikal berkembang sesuai harapan. Hal ini tampak ketika Haikal mampu bersabar menunggu giliran antri berbaris saat hendak berwudhu, bertanggung jawab meletakkan mainan kembali ke tempat nya setelah selesai bermain, secara mandiri bersabar melipat sajadah nya sendiri setelah shalat.

 

SENI

  

Perkembangan seni berkembang sesuai harapan Haikal mampu menunjukan kreatifitas berbagai karya. Hal ini tampak ketika Haikal  dapat mewarnai atau membuat sebuah gambar.

Hal ini menunjukan bahwa Haikal mampu menunjukan karya dan aktifitas serta menggunakan berbagai media.

Kehadiran

Sakit

....................Hari

 

Izin

....................Hari

 

Tanpa Keterangan

....................Hari

 

Diberikan        : Jambi.

Pada tanggal   : 24 Desember 2021

Orang Tua/Wali                                      Mengetahui                                       Pendidik

                                                               Pengelola KB

                                                              Nurul Falah

 

 

(........................)                              NURSAADAH, S.Pd.I                 ISA ROSTAFIAH, S.Pd 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                         

 

 

Nama   : Zidan Maulana

Kelas   : TK

Moral dan Nilai-nilai Agama

 

Perkembangan agama dan moral Zidan berkembang sesuai harapan. Beberapa perkembangan agama yang dicapai antara lain mengenal dan mempercayai Allah melalui Ciptaan-Nya. Hal ini nampak ketika Zidan mampu melakukan gerakan dan bacaan Shalat dengan benar melalui bimbingan guru serta melafalkan Surat Al-Kautsar, An-Nasr, Al-Ashr.

Zidan juga mampu melafalkan doa harian : Doa sebelum berwudhu, dan doa sebelum belajar, serta mampu melafalkan Ikrar sekolah.

                                                  

FISIK MOTORIK

 

Perkembangan motorik berkembang sangat baik. Ia mampu menggunakan kedua tangan dan kaki saat melakukan gerakan senam dan ketika melakukan kegiatan bermain diluar ruangan secara aktif

Zidan juga mulai menunjukan perkembangan berarti dalam hal hidup sehat. Hal ini tampak ketika Zidan mampu mencuci tangan sendiri dan melakukan kegiatan berjemur sebagai salah satu langkah pencegahan virus Covid 19.

 

KOGNITIF

         

Pencapaian perkembangan kognitif Zidan dalam semester ini berkembang sesuai harapan. Zidan mampu menyebutkan gambar Dapat  menyimak dan Menceritakan Kembali Sebuah cerita yang sudah disampaikan.

 

 

BAHASA

   

Perkembangan bahasa Zidan berkembang sangat baik. Zidan mampu menyimak instruksi guru dengan memberikan respon yang tepat. Kemampuan menyimak petunjuk yang diberikan guru juga tampak ketika ia memahami instruksi guru saat menjelaskan aturan belajar dan bermain.

Perkembangan bahasa lainnya yang tampak antara lain, Zidan mampu menunjukan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya, seperti sebuah gambar seorang polisi, dapat menyebutkan Huruf, dari kata P-O-L-I-S-I.. Zidan mampu menyusun stik kayu membentuk sebuah huruf.

 

 

 

SOSIAL EMOSIONAL


Perkembangan sosial emosional Zidan berkembang sangat baik. Hal ini tampak ketika Zidan mampu bersabar menunggu giliran antri berbaris saat hendak berwudhu, bertanggung jawab meletakkan mainan kembali ke tempat nya setelah selesai bermain, secara mandiri bersabar melipat mukenah nya sendiri setelah shalat.

 

 

SENI

    

Perkembangan seni Zidan berkembang sesuai harapan. Hal ini tampak ketika Zidan mampu menirukan membuat gambar cabai dari hasil penglihatannya langsung, mampu mewarnai gambar burung Garuda dengan warna yang tepat dan mampu menyusun puzzle membentuk rumah sesuai imajinasinya, serta membuat gambar geometri (lingkaran) membuat bola.

Hal ini menunjukan bahwa Zidan mampu  menunjukan karya dan aktifitas serta menggunakan berbagai media.

 

Kehadiran

Sakit

....................Hari

 

Izin

....................Hari

 

Tanpa Keterangan

....................Hari

 

Diberikan        : Jambi.

Pada tanggal   : 24 Desember 2021

Orang Tua/Wali                                      Mengetahui                                       Pendidik

                                                               Pengelola KB

                                                              Nurul Falah

 

 

(........................)                              NURSAADAH, S.Pd.I                 ISA ROSTAFIAH, S.Pd 

             

 

 

 

 

 

Nama   : Syakila Arahma (Kila)

Kelas   : KB.

 

 

Moral dan Nilai-nilai Agama

 

Perkembangan agama dan moral Kila berkembang sesuai harapan. Beberapa perkembanagan agama yang dicapai antara lain mengenal dan mempercayai Allah melalui Ciptaan-Nya. Hal ini nampak ketika Kila mampu melakukan gerakan dan bacaan Shalat dengan benar melalui bimbingan guru serta melafalkan Surat Al-Kautsar, An-Nasr, Al-Ashr.

Kila juga mampu perlahan melafalkan doa harian : Doa sebelum berwudhu, dan doa sebelum belajar, serta mampu melafalkan Ikrar Sekolah.

 

 

FISIK MOTORIK

        

Perkembangan motorik berkembang sangat baik. Ia mampu menggunakan kedua tangan dan kaki saat melakukan gerakan senam dan ketika melakukan kegiatan bermain diluar ruangan secara aktif

Kila juga mulai menunjukan perkembangan berarti dalam hal hidup sehat. Hal ini tampak ketika Kila  mampu mencuci tangan sendiri dan melakukan kegiatan berjemur sebagai salah satu langkah pencegahan virus Covid 19.

 

KOGNITIF

Pencapaian perkembangan kognitif Kila dalam semester ini berkembang sesuai harapan. Kila mampu mengurutkan perkembangbiakkan hewan ayam, mampu menyebutkan barang-barang yang digunakan Polisi, mengetahui hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat di bulan Ramadhan. Kila juga mampu menyebutkanmanfaat sayuran bagi tubuh.

 

 

 

BAHASA

Perkembangan bahasa Kila berkembang sesuai harapan. Kila Fahmi mampu menyimak instruksi guru dengan memberikan respon yang tepat. Kemampuan menyimak petunjuk yang diberikan guru juga tampak ketika ia memahami instruksi guru saat menjelaskan aturan belajar dan bermain.

Perkembangan bahasa lainnya yang tampak antara lain, Kila mampu menunjukan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya. Kila mampu menyusun stik kayu membentuk sebuah rumah.

 

 

 

SOSIAL EMOSIONAL

Perkembangan sosial emosional Fahmi berkembang sesuai harapan. Hal ini tampak ketika Fahmi mampu bersabar menunggu giliran antri berbaris saat hendak berwudhu, bertanggung jawab meletakkan mainan kembali ke tempat nya setelah selesai bermain, secara mandiri bersabar melipat sajadah nya sendiri setelah shalat.

 

 

SENI

 

Perkembangan seni Fahmi berkembang sesuai harapan. Hal ini tampak ketika Fahmi mampu menirukan membuat gambar cabai dari hasil penglihatannya langsung, mampu mewarnai gambar burung Garuda dengan warna yang tepat, mampu membuat kapal, pesawat dan ketupat dari kertas origami.

Hal ini menunjukan bahwa Fahmi mampu  menunjukan karya dan aktifitas serta menggunakan berbagai media.

 

 

Kehadiran

Sakit

....................Hari

 

Izin

....................Hari

 

Tanpa Keterangan

....................Hari

 

Diberikan        : Jambi.

Pada tanggal   : 24 Desember 2021

Orang Tua/Wali                                      Mengetahui                                       Pendidik

                                                               Pengelola KB

                                                              Nurul Falah

 

 

(........................)                              NURSAADAH, S.Pd.I                 ISA ROSTAFIAH, S.Pd 

 

Kamis, 21 Desember 2017

Sabtu, 18 Februari 2017

Macam-Macam Tepukan Gembira Bagi Anak-Anak


Halooo salam sehat, cerdas, ceriaaaaaa....
buat para pembaca Blog Cinta Anak Usia Dini..  Hehehe berbicara tentang judul postingan blog (Macam-macam Tepukan Gembira Bagi Anak-Anak), Apaaaa yaaa maksudnyaaaa???????????????????.
 Jadi begini bunda-bunda.... Perbedaan karakteristik anak-anak yang kita ketahui disekolah, pasti sangat membingungkan suasana kelas yang diramaikan anak-anak yang hobinya bernyanyi... hobynya nangissss hehe, Hoby nya ganggu teman,,, ataupun Hobynya diam.. hehehe

Pastinya dengan karakter yang berbeda-beda membuat suasana larutttttttt dalam hobynya anak-anak. terkadang sangat mengganggu kita saat melakukan proses mengajar atau menjelaskan, yaaaaaa...... ketika kita menjelaskan tidak ada yang mendengarkan, aneeeeeh Niiiih perasaan.. Kepooooo Sangat jadinya bunda, Hehehe Dikepoin anak-anak terkadang membuat sedikit sediiiih capek-capek ngomong satupun anak tidak ada yang mendengar :'(. 

 Nah... Maksud dari macam-macam tepukkan gembira bagi anak-anak adalah, Menciptakan Berbagai macam tepukan yang bertujuan untuk merangsang pusat perhatian anak agar bisa lebih fokus dalam belajar ataupun menciptakan suasana kelas yang tidak bising didengarrrrr hehehe

Iniiiii bundaaaaa, macam-macam tepukan anak-anak, share kebunda-bunda yang lain yaaaaaaaaaaaaa.............. 
Semangaaaaatttttt Slaluuuuu
Salam Cinta Anak Usia Dini

Tepuk cinta
Pertama aku cinta pada Allah
Kedua aku cinta Rosulullah
Ketiga aku cinta pada ayah dan bunda 
Saudara seiman, seagama, yeeees

Tepuk Lampu Tiga
Merah.. Berhenti
Kuning.. Hati-hati
Hijau.. Jalan Lagi
Disimpang jalan ada tiga lampu
Ayolah kawan jaga aturannya
Merah Berhenti, kuning hati2 
Hijau tandanya boleh jalan lagiiii... 




Tepuk Ojek
Mariiii Neeeeeeng
Abang Ngojekkkk
ngeeeeeeeeeeng!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Tepuk Pak OGAH
Botaknyaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
KumisssssS nYAaaaa
cCepe' DuluuuuU

Tepuk Telpon
Kring-kring-kring-kring 
Kring-kring
HallooooO Assalamu'alaikum..

Tepuk Sambal
Ulek-uleeeeeeek
Coleeeek-ColeeeeekkkkK
..... WwawW 
PeeedeeeeeSsSSSS

Tepuk Sate
Tusuk-tusuUUUuk
KipassS - kipaasssS
Makan, Lidinyaaaaaa
Dibuaaangggggg....... hehehe 


Tepuk Maricaaaa
Mari-Mariiiiiiii
ca Ca ca ca ca
Sini- Siniiiiiiii
Ca Ca ca ca
 Mariiiii caaaa
Siniiiii Caaaa
Mari 2x 
Sini 2x 
Ca ca ca ca ca ca

Tepuk Pesawat
Naik turuuuuuuun
Turun Naiiiiiiikkk
DADAaaaaaaaaaaaaaaa

TepuuuUk Keyakinan
Allah Mahaaa Melihat.hat.hat
Semua Perilaku mu.mu.mu
Allah Maha Mendengar. ngar ngar
Semua Perkataan mu.mu.mu
Ayooooolah kawan 
jaga ga ga ....
Jangan berbuat dosa. sa .sa
Ingat - Ingatlaaaah slalu. lu. lu
Allah mengawasiiii muU
Ingat-ingatlah slalu.lu.lu
Allah mengawasiiiiimu.....


SeMogaaaaaa Bermanfaaat ^_^








Contoh Tugas Laporan PROGRAM PRAKTEK LAPANGAN (PPL)









LAPORAN

PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI TK ISLAM AL –FALAH  KOTA JAMBI

DI SUSUN OLEH :
Isa Rostafiah (A1F113012)



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FKIP UNIVERSITAS JAMBI
DESEMBER 2016



Lembaran Pengesahan


Kata Pengantar

Latar Belakang

Tujuan Pelaksanaan


Manfaat, Waktu dan Tempat Pelaksanaan


Identitas Lembaga

Keadaan & Struktur Organisasi Sekolah   

Denah Lokasi & Masalah yang Tinbul di Lapangan




PENUTUP ( Kesimpulan & Saran)

  
Data Anak

Lembaran Hasil Kecakapan Anak



 
Narasi Aspek Perkembangan Anak



Lampiran