PEMETAAN KOMPETENSI DASAR KE
DALAM
SETIAP PROGRAM PENGEMBANGAN
SETIAP PROGRAM PENGEMBANGAN
No.
|
PROGRAM
PENGEMBANGAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
|
Nilai Agama Dan Moral
|
1.1 Mempercayai
adanya tuhan melalui
ciptaan-Nya.
|
1.2 Menghargai
diri sendiri, orang lain
dan
lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur
kepada tuhan.
|
||
2.13 Memiliki prilaku yang
mencerminkan
sikap santun kepada
orang
tua, pendidik atau pengasuh
dan
teman.
|
||
3.1 Mengenal
kegiatan ibadah sehari-
hari.
|
||
4.1 Melakukan
kegaitan beribadah
sehari-hari
dengan tuntunan orang
dewasa.
|
||
3.2 Mengenal
prilaku baik sebagai
cerminan akhlak
mulia.
|
||
4.2 Menunjukan
prilaku santun sebagai
cerminan akhlak mulia. |
||
2.
|
Motorik
|
2.1 Memiliki
prilaku yang
mencerminkan
hidup sehat.
|
3.3 Mengenal
anggota tubuh, fungsi dan
gerakannya
untuk pengembangan.
|
||
4.3 Menggunakan
anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan
halus.
|
||
3.4 Mengetahui
Cara Hidup Sehat.
|
||
4.4 Mampu
menolong diri sendiri untuk
hidup sehat
motorik kasar dan
motorik
halus.
|
||
3.
|
Kognitif
|
2.2 Memiliki
yang mencerminkan sikap
ingin tahu.
|
2.3 Memiliki
prilaku yang
mencerminkan
sikap kreatif.
|
||
3.5 Mengetahui
cara pemecahan masalah
sehari-hari
dan berprilaku kreatif.
|
||
4.5 Menyelesaikan
masalah sehari-hari
secara
kreatif.
|
||
3.6 Mengenal
benda-benda disekitarnya
(nama,
warna, bentuk, ukuran, pola,
sifat,
suara, tekstur, fungsi dan ciri-
ciri
lainnya).
|
||
4.6 Menyampaikan
tentang apa dan
bagaimana
benda-benda disekitar
yang
dikenalnya (nama, warna,
bentuk,
ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur,
fungsi dan ciri-ciri lainnya)
melalui
berbagai hasil karya.
|
||
3.7 Mengenal
lingkungan sosial
(keluarga,
teman, tempat tinggal,
tempat
ibadah, budaya dan
transportasi).
|
||
4.7 Menyajikan
berbagai karyanya
dalam
bentuk gambar, bercerita,
bernyayi,
gerak tubuh dan lain-lain.
Tentang
lingkungan sosial (keluarga,
tempat
tinggal, tempat ibadah,
budaya
dan transportasi).
|
||
3.8 Mengenal
lingkungan alam (hewan,
tanaman,
cuaca, tanah, air, batu-
batuan
dan lain-lain).
|
||
4.8 Menyajikan
berbagai karyanya
dalam
bentuk gambar, bercerita,
bernyayi,
gerak tubuh dan lain-lain.
Tentang lingkungan
alam (hewan,
tanaman,
cuaca, tanah, air, batu-
batuan
dan lain-lain).
|
||
3.9 Mengenal
teknologi sederhana
(peralatan
rumah tangga, peralatan
bermain,
peralatan pertukangan dan
lain-lain).
|
||
4.9 Menggunakan
teknologi sederhana
(peralatan
rumah tangga, peralatan
bermain,
peralatan pertukangan dan
lain-lain)
untuk menyelesaikan tugas
dan
kegiatannya.
|
||
4.
|
Bahasa
|
2.13 Memiliki prilaku yang
mencerminkan
sikap santun kepada
orang
tua, pendidik dan atau
pengasuh
dan teman.
|
3.10 Memahami bahasa reseftif
menyimak
dan membaca.
|
||
4.10 Menunjukan kemampuan berbahasa
reseftif
(menyimak dan membaca).
|
||
3.11 Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan
bahasa secara
verbal
dan non verbal).
|
||
4.11 Menunjukan kemampuan berbahasa
ekspresif
(mengungkapkan bahasa
secara
verbal dan non verbal).
|
||
3.12 Mengenal keaksaraan awal memulai
bermain.
|
||
|
||
5.
|
Sosial Emosional
|
2.5 Memiliki
prilaku yang
mencerminkan
sikap percaya diri.
|
2.6 Memiliki
perilaku yang
mencerminkan
sikap taat terhadap
aturan
sehari-hari untuk melatih
kedisiplinan.
|
||
2.7 Memiliki
perilaku yang
mencerminkan
sikap sabar (mau
berbicara)
untuk melatih
kedisiplinan.
|
||
2.8 Menunggu
giliran, mau mendengar
ketika
orang lain berprilaku yang
mencerminkan
kemandirian.
|
||
2.9 Memiliki
prilaku yang
mencerminkan
sikap peduli dan mau
membantu
jika diminta bantuannya.
|
||
2.10 Memiliki prilaku yang
mencerminkan
sikap kerjasama.
|
||
2.11 Memiliki prilaku yang dapat
menyesuaikan
diri.
|
||
2.12 Memiliki prilaku yang
mencerminkan
sikap jujur.
|
||
3.13 Mengenal emosi diri dan orang lain.
|
||
4.13 Menunjukan reaksi emosi diri secara
wajar.
|
||
3.14 Mengenali kebutuhan, keinginan,
dan minat
diri.
|
||
4.14 Mengungkapkan kebutuhan,
keinginan,
dan minat diri dengan
cara yang
tepat.
|
||
6.
|
Seni
|
2.4 Memiliki
prilaku yang
mencerminkan
sikap estetis .
|
3.15 Mengenal berbagai karya dan
aktivitas
seni.
|
||
4.15 Menunjukan karya dan aktivitas seni dengan
menggunakan
berbagai media.
|