LAPORAN
TUGAS MANDIRI
DIKLAT PAUD TINGKAT DASAR BAGI PENDIDIK DAN TENAGA
KEPENDIDIKAN ANAK USIA DINI/PAUD
DISUSUN OLEH
: ISA ROSTAFIAH
LEMBAGA : KB NURUL FALAH
ALAMAT : JL. BROJONEGORO PALL III
KECAMATAN : DANAU SIPIN
KOTA : KOTA JAMBI
DINAS
PENDIDIKAN KOTA JAMBI
TAHUN 2015-2016
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat
Tuhan yang Maha Esa, yang telah memberikan berkat, rahmat, serta karunia-Nya,
sehingga saya dapat menyelesaikan laporan tugas mandiri, salawat beriring salam
tak lupa saya panjatkan kepada junjungan umat manusia, Nabi Muhammad SAW, yang
telah membawa kita kezaman kegelapan, kezaman yang penuh terang menerang
seperti yang kita rasakan saat ini.
Laporan tugas mandiri ini disusun
untuk memenuhi tugas dari diklat dasar berjenjang, Dengan adanya diklat dasar
berjenjang ini sangat membantu saya dalam pemahaman bagaimana membuat Program
Semester, RPPM, RPPH, dan penilaian perkembangan anak.
Dalam
menyelesaikan tugas mandiri ini, saya tidak dapat mengerjakannya sendiri dengan
baik, namun banyak dukugan dan motivasi yang saya dapatkan, sehingga selesailah
tugas ini. Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada pihak-pihak yang bersedia
membantu saya.
Kepada Yth:
1. Dra.
Patimah, M.Pd ( Yang telah memberi bimbingan tugas mandiri)
2. Jusmiati,
S.E ( Sebagai pengelola KB. Nurul Falah)
3.
Teman sejawat
Saya
menyadari sepenuhnya bahwa tugas mandiri ini masih banyak kekurangan, baik dari
segi penulisan dan pemahaman saya tentang bagaimana merancang isi dari laporan
tugas mandiri ini, Oleh karena itu saya sangat
mengharapkan bagi pembaca agar dapat membantu pemahaman saya untuk bisa
lebih baik lagi. Termakasih.
Jambi, Juli 2016
Peserta Diklat
ISA ROSTAFIAH
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL..............................................
KATA
PENGANTAR.............................................
DAFTAR
ISI.........................................................
SURAT
KETERANGAN MENGIKUTI DIKLAT.......
LEMBARAN
PENGESAHAN.................................
BAB.
I Pendahuluan..........................................
1.
Latar Belakang....................................
2.
Dasar Hukum.......................................
3.
Tujuan..................................................
4.
Manfaat................................................
BAB II
Pelaksanaan............................................
1.
Waktu...................................................
2.
Tempat..................................................
BAB
III Kegiatan yang dilaksanakan tiap hari...
1.
Jadwal Kegiatan...................................
2.
UraianKegiatan.....................................
3.
Hasil yang diperoleh.............................
BAB IV
Permasalahan dan pemecahan.............
1.
Permasalahan.......................................
2.
Pemecahan...........................................
BAB V
Penutup................................................
1.
Kesimpulan..........................................
2. Saran.....................................................
LAMPIRAN...........................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
1. Lampiran
Kegiatan Diklat
·
Instrumen Penilaian Laporan Tugas Mandiri
·
Instrumen Penilaian Kinerja PAUD
·
Jadwal Kegiatan Pelaksanaan Tugas mandiri
·
Bukti Kehadiran Peserta Diklat
·
Jurnal Harian Peserta
2. Lampiran
Tugas Mandiri
·
Program Semester l-ll
·
Pengembangan Isi Program Semester ( tema)
·
Rencana Pelaksana Pembelajaran Mingguan (RPPM)
·
Rencana Pelaksana Pembelajaran Harian (RPPH)
·
Catatan Hasil Karya
·
Catatan Anekdot
·
Penilaian Perkembangan Anak
·
Fortofolio
BAB
I
PEMDAHULUAN
1. Latar Belakang
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang
ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun, yang dilakukan
melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan
jasmani serta rokhani (mencakup aspek moral agama, fisik, bahasa, kognitif,
sosial emosional dan seni) agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki
pendidikan lebih lanjut
PAUD haruslah dilaksanakan secara berencana dan sistimatis agar pendidikan
yang diberikan lebih bermakna bagi anak didik, selain itu juga harus dijadikan
tempat atau arena yang menyenangkan dan harus bisa memberikan perasaan aman,
nyaman serta menarik bagi anak agar bisa mendorong munculnya keberanian serta
mendorong anak untuk berekpresi, menyelidiki dan mencari pengalaman demi
perkembangan kepribadian secara optimal sehingga diharapkan dapat menciptakan
anak-anak Indonesia yang sehat, cerdas ceria sert aberakhlaq mulia.
Pemberian rangsangan yang sesuai dengan tahap perkembangan, minat dan
kebutuhan anak merupakan prasayarat penting untuk meningkatkan potensi anak
sehingga mampu mencapai perkembangan yang optimal.
Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa masih banyak penyelenggara PAUD yang
belum dapat mengelola kegiatan pembelajaran dikelompoknya sesuai dengan yang
diharapkan. kurangnya pengetahuan pendidik/guru tentang pengelolaan
pembelajaran yang tepat serta terbatasnya kesempatan mengikuti pelatihan
merupakan kendala di lapangan.
Untuk mengatasi masalah tersebut maka, dibutuhkan pelatihan khusus bagi pendidik agar bisa
menjadi pendidik yang profesional dibidangnya, seperti pelatihan diklat dasar
berjenjang ini, Diklat adalah proses penyelenggaraan belajar
mengajar dalam rangka meningkatkan kemampuan Pegawai.
2.
Dasar
Hukum
1.
UUD 1945
2. Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 137 thun 2013 tentang
Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan Tahun 2015)
3. Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 146 Tahun 2014 Tentang
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Tahun 2015)
4. Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 84 Tahun 2014 Tentang
Pendirian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan Tahun 2015)
5.
Undang-Undang Nomor 4 tahun 1947 tentang
kesejahteraan anak
6.
Undang-undang Nomor 23 tahun 2002 tentang
perlindungan anak
7.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang
sistim Pendidikan Nasional
3. Tujuan Diklat
Secara
umum tujuan diklat yaitu:
a.
Mengubah paradigma/cara
pandang, mind set, pola pikir, pola sikap, dan pola tindak untuk
kaya mental, mencapai kinerja yang optimal dengan mengembangkan learning
organization;
b.
Menumbuh kembangkan nilai –
nilai moral, meningkatkan kecerdasan spiritual, menggunakan seluruh tubuh,
pikiran, hati dan jiwa untuk melaksanakan tugas, yang menyatu dengan kemampuan
kepemimpinan, managerial, skill dan knowledge;
c.
Mengubah cultural set untuk
membangun sikap, perilaku, dan management beliefts dan values aparatur;
d.
Membangun karakter dan jati
diri;
e.
Diklat berbasis kompetensi:
1.
Memiliki kompetensi untuk
secara optimal melaksanakan tugas jabatan yg diduduki;
2.
Meningkatkan kompetensi
untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi;
3.
Memiliki kompetensi
menerapkan iptek baru untuk peningkatan kinerja organisasi;
4.
Mengembangkan teknologi
informasi (e-government) dan berbagai keterkaitannya (e-procurement, e-bidding,
e-office)
4.
Manfaat
Manfaat kegiatan diklat dasar berjenjang ini bagi tenaga pendidik dan
tenaga kependidikan adalah
a. Menambah
pengetahuan dan wawasan bagi pendidik Anak Usia Dini
b. Meningkatkan
Keterampilan pendidik dalam memilih model pembelajaran
c. Dapat
memantapkan pendidik dalam menyusun program semester
d. Dapat
memantapkan pendidik dalam menyusun RPPM
e. Dapat meningkatakan keterampilan pendidik dalam
merancang kegiatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)
f. Dapat
menjadikan pendidik yang kreatif
g. Dapat
meningkatkan kualitas dan potensi pendidik
BAB II
WAKTU DAN TEMPAT
PELAKSANAAN
1.
Waktu
Pelaksanaan
Jadwal pelaksanaan kegiatan Tugas Mandiri diklat dasar
NO
HARI/TANGGAL
TEMPAT
WAKTU
KETERANGAN
1
Senin, 18 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
2
Selasa, 19 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
3
Rabu, 20 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
4
Kamis, 21 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
5
Jum’at, 22 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
6
Sabtu, 23 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
7
Senin, 25 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
8
Selasa, 26 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
9
Rabu, 27 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
10
Kamis, 28 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
11
Jum’at, 29 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
12
Sabtu, 30 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
13
Senin, 01 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
14
Selasa, 02 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
15
Rabu, 03 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
16
Kamis, 04 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
17
Jum’at, 05 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
18
Sabtu, 06 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
19
Senin, 08 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
20
Selasa, 09 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
21
Rabu, 10 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
22
Kamis, 11 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
23
Jum’at, 12 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
24
Sabtu, 13 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
25
Senin, 15 Agustus 2016
KB.Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
2.
Tempat
Tempat pelaksanaan kegiatan tugas
mandiri ini dilaksanakan KB Nurul Falah
yang beralamat Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro Pall III Solok Sipin
Telanaipura Kota Jambi. Pelaksanaan kegiatan mengajar diselenggarakan seminggu
tiga hari, dimulai hari Senin, Rabu, dan Jum’at.
Kelompok Usia KB Nurul Falah terdiri
dari usia 2-5 tahun, Metode mengajar masih menggunakan model pembelajaran
kelompok, dikarenakan ruangan terbatas dan fasilitas belum memadai.
BAB III
KEGIATAN
YANG DILAKSANAKAN
1.
Jadwal
Kegiatan Pelaksanakan Tugas mandiri
NO
Hari/ Tanggal
Kegiatan
1
Senin,18 Juli 2016
Ø Merancang
program semester I
2
Selasa, 19 Juli 2016
Ø Merancang
program semester II
3
Rabu, 20 Juli 2016
Ø Merancang
RPPM minggu I,II,III
4
Kamis, 21 Juli 2016
Ø Merancang
Pengembangan tema dan subtema dari RPPH minggu pertama
5
Jum’at, 22 Juli 2016
Ø Merancang
Pengembangan tema dari RPPM minggu kedua dan minggu ketiga.
6
Sabtu, 23 Juli 2016
Ø Melakukan
Observasi dan Meng- identifikasi kan pembelajaran tugas mandiri. (sambil
merangkai APE RPPH yang akan dilaksanakan pada hari senin).
7
Senin, 25 Juli 2016
Ø Melakukan
kegiatan RPPH dengan tema Identitas, Sub tema Namaku
Ø Mencatat
hasil karya kegiatan anak, catatan anekdot, dan skala perkembangan.
8
Selasa, 26 Juli 2016
Ø Melakukan
Observasi dan Meng-identifikasikan pembelajaran tugas mandiri
9
Rabu, 27 Juli 2016
Ø Melakukan
kegiatan RPPH dengan tema Identitas, sub tema Tempat tanggal lahir
ku.
Ø Mencatat
hasil karya kegiatan anak, catatan anekdot, dan skala perkembangan.
10
Kamis, 28 Juli 2016
Ø Melakukan
Observasi dan Meng- identifikasikan pembelajaran tugas mandiri
11
Jum’at, 29 Juli 2016
Ø Melakukan
kegiatan RPPH dengan tema Identitas, sub tema tempat tinggal ku.
Ø Mencatat
hasil karya kegiatan anak, catatan anekdot, dan skala perkembangan.
12
Sabtu, 30 Juli 2016
Ø Melakukan
Observasi dan Meng- identifikasikan pembelajaran tugas mandiri
13
Senin, 01 Agustus 2016
Ø Melakukan
kegiatan RPPH dengan tema tubuhku, sub tema anggota tubuh ( Kepala,
kaki, tangan).
Ø Mencatat
hasil karya kegiatan anak, catatan anekdot, dan skala perkembangan.
14
Selasa, 02 Agustus 2016
Ø Melakukan
Observasi dan Meng- identifikasikan pembelajaran tugas mandiri
15
Rabu, 03 Agustus 2016
Ø Melakukan
kegiatan pembelajaran dengan tema tubuhku sub tema panca indra.
Ø Mencatat
hasil karya kegiatan anak, catatan anekdot, dan skala perkembangan.
16
Kamis, 04 Agustus 2016
Ø Melakukan
Observasi dan Meng- identifikasikan pembelajaran tugas mandiri
17
Jum’at, 05 Agustus 2016
Ø Melakukan
kegiatan pembelajaran dengan tema tubuhku sub tema Fungsi dan
bagian-bagian anggota tubuh.
Ø Mencatat
hasil karya kegiatan anak, catatan anekdot, dan skala perkembangan.
18
Sabtu, 06 Agustus 2016
Ø Melakukan
Observasi dan Meng- identifikasikan pembelajaran tugas mandiri
19
Senin, 08
Agustus 2016
Ø Melakukan
kegiatan pembelajaran dengan tema Keluargaku, sub keluarga kecil.
Ø Mencatat
hasil karya kegiatan anak, catatan anekdot, dan skala perkembangan.
20
Selasa, 09 Agustus 2016
Ø Melakukan
Observasi dan Meng- identifikasikan pembelajaran tugas mandiri
21
Rabu, 10 Agustus 2016
Ø Melakukan
kegiatan pembelajaran dengan tema Keluargaku sub tema keluarga besarku.
Ø Mencatat
hasil karya kegiatan anak, catatan anekdot, dan skala perkembangan.
22
Kamis, 11 Agustus 2016
Ø Melakukan
Observasi dan Meng- identifikasikan pembelajaran tugas mandiri
23
Jum’at, 12 Agustus 2016
Ø Melakukan
kegiatan pembelajaran dengan tema Keluargaku sub tema keluarga besarku
24
Sabtu, 13 Agustus 2016
Ø Melakukan
prosedur tugas mandiri BAB IV –
Penutup
25
Senin, 15 Agustus 2016
Ø Melakukan
kegiatan pembelajaran dengan tema Keluargaku sub tema saudaraku
26
Tanggal 16 – 22 Agustus 2016
Ø Menyusun
tugas, mulai dari kover, Kata pengantar, BAB I, BAB II, BAB III, dan menyusun
prosedur tugas mandiri lainnya.
2.
Jadwal
Kegiatan Sekolah
NO
WAKTU
KEGIATAN
KETERANGAN
1
30 Menit
Pembukaan
Terlaksana
2
60 Menit
Inti
Terlaksana
3
15 Menit
Istirahat
Terlaksana
4
15 Menit
Penutup
Terlaksana
3.
Uraian
Kegiatan
A.
Kegiatan
awal
a. Pendidik
menyiapkan bahan dan alat ajar yang sesuai dengan rencana dan jadwal pelajaran yang telah disusun untuk
dilaksanakan.
b. Pendidik
menata ruangan kembali agar menarik perhatian anak
c. Pendidik
menata alat dan bahan (sub tema) yang akan digunakan dalam kegiatan
B.
Penyambutan
Anak
Setelah bahan dan alat ajar tertata dengan baik, pendidik menyambut kedatangan anak dan
mengarahkan anak untuk bebas bermain
sambil menunggu kedatangan teman-temannya.
C.
Berbaris
Setelah bahan dan alat ajar sudah tertata dan anak
sebagian besar sudah berada di sekolah, semua pendidik mengarahkan anak untuk
berbaris, pendidik bertugas ada yang mengintruksikan dan ada yang mengawasi
anak.
D.
Pembukaan
1. Setelah anak
berbaris, anak diajak untuk bernyanyi bersama dan menirukan gerakan.
2. Kemudian
pendidik mengajak anak untuk duduk
melingkar, bernyanyi dan saling memberikan salam dan saling berkenalan .
3. Pendidik
menanyakan kabar kepada anak dan teman
yang tidak hadir hari ini.
4. Do’a bersama
yang dipimpin oleh anak yang mau memimpin do’a.
5. Pendidik
menyampaikan tema hari ini.
6. Diskusi
tentang tema hari ini, sambil bertanya jawab dengan anak.
7. Pendidik
menjelaskan aturan dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
E.
Inti
1. Pendidik
menjelaskan alat dan bahan yang akan digunakan dalam kegiatan
2. Pendidik
memberikan contoh kegiatan yang akan dilakukan
3. Pendidik
membagi lembaran tugas atau kegiatan anak yang telah di rencanakan sesuai
dengan baik
4. Anak duduk
menurut kelompok
5. Memberi
bantuan kepada anak yang membatuhkan
6. Memberi
dorongan kepada anak untuk mencoba
7. Mengumpulkan
hasil karya anak dan mencatat tanggal di lembaran kerja
8. Mengevaluasi hari kerja anak
F.
Istirahat
(Makan Bersama)
1. Pendidik
memberitahu untuk beres-beres alat dan bahan yang telah digunakan anak dan
melibatkan anak untuk dapat membantu.
2. Setelah
merapikan kegiatan berlangsungnya pembelajaran, anak diminta untuk mencuci
tangan, duduk melingkar.
3. Pendidik
meminta anak untuk membuka bekal makanan yang dibawa anak.
4. Pendidik
memberitahuakan kepada anak tata cara makan yang benar
5. Membaca do’a
makan bersama-sama.
6. Makan dengan
tertib.
7. Melibatkan
anak untuk dapat membersikan tempat mereka istirahat makan.
G.
Kegiatan
Penutup
1. Setelah anak
terkumpul dan membentuk lingkaran , pendidik mengajak anak bernyanyi.
2. Pendidik
berdiskusi tentang pelajaran yang telah berlalu
3. Membaca do’a
penutup
4. Bersalaman (
bergiliran)
4.
Hasil yang
Diperoleh
Adapun hasil
yang diperoleh dari praktek dklat dasar adalah sebagai berikut :
Ø Guru dapat
memahami kemauan masing-masing anak didik, dengan tingkat permasalahan yang
dialami anak didik dalam proses belajar mengajar.
Ø Solusi yang
diperoleh guru, adalah ketika guru menilai dan mengevaluasi anak didik dengan
cara melihat hasil karya anak dan menanggapinnya, dan mencatat kejadian yang
penting yang dialami oleh anak, dan mencatat skala penilaian perkembangan anak.
Ø Hasil yang diharapkan dari penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan dasar
pendidik PAUD ini adalah terdapatnya sejumlah tenaga pendidik PAUD yang
memiliki kompetensi pengasuh PAUD yang dicirikan dengan kemampuan :
1. Memahami konsep dasar pendidikan anak usia dini
2. Memahami pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini
3. Memahami anak berkebutuhan khusus
dan pembelajarannya
4. Memahami cara belajar anak usia
dini melalui bermain
5. Memahami pentingnya kesehatan dan pemberian gizi yang tepat untuk anak usia
dini
6. Memiliki etika dan karakter pendidik PAUD yang sesuai
7. Memahami dan menyusun perencanaan belajar untuk anak usia dini
8. Berkomunikasi yang baik dan sesuai dalam proses pengasuhan anak usia dini
9. Pengasuh mempraktekkan ilmu dan keterampilan yang diperoleh dalam
pendidikan dan pelatihan
BAB
IV
PERMASALAHAN DAN PEMECAHAN
A. Masalah
dan solusi
a. Anak Penakut
Setiap anak
memiliki rasa takut, namun jika berlebihan dan tidak wajar maka perlu
diperhatikan. Rasa takut anak TK biasanya terhadap hewan, serangga, gelap,
dokter atau dokter gigi, ketinggian, monster, lamunan, sekolah, angin topan,
dll. Rasa takut yang berlebihan terlihat dalam gejala-gejala seperti berikut :
1. Gejala
psikis, seperti ; gangguan makan, tidur, perut, sulit bernafas, dan sakit
kepala.
2. emosional,
seperti ; rasa takut, sensitif, rendah diri, ketidakberdayaan, bingung, putus
asa, marah, sedih, bersalah.
3. Gejala
tingkah laku seperti : gangguan tidur, mengisolasi diri, prestasi kurang di
sekolah, agresi, mudah tersinggung, menghindari pergi keluar, ketergantungan
pada suatu benda, dan terus berada di kamar orang tua.
Penyebab
anak memiliki rasa takut :Intelegensi (anak-anak yang tingkat intelegensi
tinggi cenderung punya rasa takut yang sama dengan anak yang berusia lebih tua,
demikian pula sebaliknya).
1. Jenis
kelamin (anak perempuan lebih takut dibanding laki-laki karena lingkungan
sosial lebih menerima rasa takut perempuan).
2. Keadaan
fisik (anak cenderung takut bila dalam keadaan lelah, lapar atau kurang sehat).
3. Urutan
kelahiran (anak sulung cenderung lebih takut karena perlindungan yang
berlebihan).
4. Kepribadian
anak (anak yang kurang memperoleh rasa aman cenderung lebih penakut).
5. Adanya
contoh yang dilihat anak, seperti ; tontonan TV, atau ibu yang takut.
6. Trauma yang
dialami anak-anak, seperti ; tabrakan mobil, angina topan, bencana alam, dll.
7. pola asuh
orang tua yang menghidupkan rasa takut anak seperti ; paksaan, hukuman, ejekan,
ketidakperdulian, dan pelindungan diluar batas.
·
Solusi pemecahan masalah yang dapat dilakukan pendidik
1. Mendengarkan
cerita anak
2. Lindungi dan
hibur anak
3. Ajari
kenyataan
4. Memberi
hadiah
5. Memberi
contoh teladan (guru sebagai model)
6. Coping model
(adalah salah satu cara seseorang menghadapi rasa takut namun ia harus melewati
rasa takut itu. Salah satu cara dengan bicara pada diri sendiri).
7. Mendongeng
8. Melakukan
aktivitas penuh tantangan
9. Memanfaatkan
imajinasi anak untuk menumbuhkan keberanian
10. Menggambar
b. Anak Agresif
Agresif
adalah tingkah laku menyerang baik secara fisik maupun verbal atau melakukan
ancaman sebagai pernyataan adanya rasa permusuhan. Perilaku tersebut cenderung
melukai anak lain seperti menggigit, mencakar, atau memukul. Bertambahnya usia
diekspresikan dengan mencela, mencaci dan memakili.
·
Gejala anak
yang agresif :
1. Sering mendorong, memukul, atau
berkelahi.
2. Menyerang
dengan menggunakan kaki, tangan, tubuhnya untuk mengganggu permainan yang
dilakukan teman-teman.
3. Menyerang
dalam bentuk verbal seperti ; mencaci, mengejek, mengolok-olok, berbicara kotor
dengan teman.
4. Tingkah laku
mengganggu muncul karena ingin menunjukkan kekuatan kelompok. Biasanya
melanggar aturan atau norma yang berlaku di sekolah seperti; berkelahi, merusak
alat permainan milik teman, mengganggu anak lain.
·
Penyebab anak agresif
1. Pola asuh
yang keliru (melakukan kekerasan terhadap anak, otoriter terhadap anak dan
terlalu protektif, terlalu memanjakan anak (orang tua selalu mengijinkan atau
membenarkan permintaan anak)
2. Reaksi emosi
terhadap frustasi (banyaknya larangan yang dibuat guru atau orang tua
(kecemasan yang berlebihan), sementara anak melakukan kegiatan yang sesuai
dengan kebutuhannya).
3. Tingkah laku agresif sebelumnya (tingkah laku
agresif yang pernah dilakukan anak mendapat penguatan dari keluarga atau guru).
·
Solusi pemecahan masalah yang dapat dilakukan pendidik
:
1. Bermain
peran
2. Belajar
mengenal perasaan
3. Belajar
berteman melalui permainan beregu
4. Beri
penguatan jika anak berperilaku tepat dengan temannya
5. Perbanyak
kegiatan yang menggunakan gerakan motorik
c. Anak Pemalu
Pemalu
adalah reaksi emosional yang tidak menyenangkan, yang timbul pada seseorang,
akibatnya adanya penilaian negatif terhadap dirinya.
·
Ciri anak pemalu adalah :
1. Kurang
berani bicara dengan guru atau orang dewasa
2. Tidak mampu
menatap mata orang lain ketika berbicara
3. Tidak
bersedia untuk berdiri di depan kelas
4. Enggan
bergabung dengan anak-anak lain
5. Lebih senang
bermain sendiri
6. Tidak berani
tampil dalam permainan
7. Membatasi
diri dalam pergaulan
8. Anak tidak
banyak bicara
9. Anak kurang
terbuka
·
Penyebab anak pemalu
1. Keadaan
fisik
2. Kesulitan
dalam bicara
3. Kurang
terampil berteman
4. Harapan
orang tua yang terlalu tinggi
5. Pola asuh
yang mencela
·
Solusi pemecahan masalah yang dapat dilakukan pendidik
:
1. Melibatkan
anak pada kegiatan yang menyenangkan
2. Belajar
bergabung melalui permainan
3. Mengajar
cara mulai berteman
BAB
V
PENUTUP
1. Kesimpulan
PAUD haruslah
dilaksanakan secara berencana dan sistimatis agar pendidikan yang diberikan
lebih bermakna bagi anak didik, selain itu juga harus dijadikan tempat atau
arena yang menyenangkan dan harus bisa memberikan perasaan aman, nyaman serta
menarik bagi anak agar bisa mendorong munculnya keberanian serta mendorong anak
untuk berekpresi, menyelidiki dan mencari pengalaman demi perkembangan
kepribadian secara optimal sehingga diharapkan dapat menciptakan anak-anak
Indonesia yang sehat, cerdas ceria serta berakhlaq mulia.
2. Saran
Dari
pembahasan terhadap masalah dan
pemecahan masalah, akan lebih baik jika semua permasalahan pada
anak-anak disetiap Tk manapun, di perlukan kerja sama untuk mengatasi
permasalahan-permasalahan tersebut, atau lebih menekankan orang tua untuk dapat
bekerja sama dalam menyelesaikan masalah pada anak, guna untuk mencapai segala
aspek perkembangananak agar dapat berkembang sesuai apa yang diharapkan.
NO
HARI/TANGGAL
TEMPAT
WAKTU
KETERANGAN
1
Senin, 18 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
2
Selasa, 19 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
3
Rabu, 20 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
4
Kamis, 21 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
5
Jum’at, 22 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
6
Sabtu, 23 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
7
Senin, 25 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
8
Selasa, 26 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
9
Rabu, 27 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
10
Kamis, 28 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
11
Jum’at, 29 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
12
Sabtu, 30 Juli 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
13
Senin, 01 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
14
Selasa, 02 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
15
Rabu, 03 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
16
Kamis, 04 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
17
Jum’at, 05 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
18
Sabtu, 06 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
19
Senin, 08 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
20
Selasa, 09 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
21
Rabu, 10 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
22
Kamis, 11 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
23
Jum’at, 12 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
24
Sabtu, 13 Agustus 2016
KB Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
25
Senin, 15 Agustus 2016
KB.Nurul
Falah
08.00-10.30
Terlaksana
NO
Hari/ Tanggal
Kegiatan
1
Senin,18 Juli 2016
Ø Merancang
program semester I
2
Selasa, 19 Juli 2016
Ø Merancang
program semester II
3
Rabu, 20 Juli 2016
Ø Merancang
RPPM minggu I,II,III
4
Kamis, 21 Juli 2016
Ø Merancang
Pengembangan tema dan subtema dari RPPH minggu pertama
5
Jum’at, 22 Juli 2016
Ø Merancang
Pengembangan tema dari RPPM minggu kedua dan minggu ketiga.
6
Sabtu, 23 Juli 2016
Ø Melakukan
Observasi dan Meng- identifikasi kan pembelajaran tugas mandiri. (sambil
merangkai APE RPPH yang akan dilaksanakan pada hari senin).
7
Senin, 25 Juli 2016
Ø Melakukan
kegiatan RPPH dengan tema Identitas, Sub tema Namaku
Ø Mencatat
hasil karya kegiatan anak, catatan anekdot, dan skala perkembangan.
8
Selasa, 26 Juli 2016
Ø Melakukan
Observasi dan Meng-identifikasikan pembelajaran tugas mandiri
9
Rabu, 27 Juli 2016
Ø Melakukan
kegiatan RPPH dengan tema Identitas, sub tema Tempat tanggal lahir
ku.
Ø Mencatat
hasil karya kegiatan anak, catatan anekdot, dan skala perkembangan.
10
Kamis, 28 Juli 2016
Ø Melakukan
Observasi dan Meng- identifikasikan pembelajaran tugas mandiri
11
Jum’at, 29 Juli 2016
Ø Melakukan
kegiatan RPPH dengan tema Identitas, sub tema tempat tinggal ku.
Ø Mencatat
hasil karya kegiatan anak, catatan anekdot, dan skala perkembangan.
12
Sabtu, 30 Juli 2016
Ø Melakukan
Observasi dan Meng- identifikasikan pembelajaran tugas mandiri
13
Senin, 01 Agustus 2016
Ø Melakukan
kegiatan RPPH dengan tema tubuhku, sub tema anggota tubuh ( Kepala,
kaki, tangan).
Ø Mencatat
hasil karya kegiatan anak, catatan anekdot, dan skala perkembangan.
14
Selasa, 02 Agustus 2016
Ø Melakukan
Observasi dan Meng- identifikasikan pembelajaran tugas mandiri
15
Rabu, 03 Agustus 2016
Ø Melakukan
kegiatan pembelajaran dengan tema tubuhku sub tema panca indra.
Ø Mencatat
hasil karya kegiatan anak, catatan anekdot, dan skala perkembangan.
16
Kamis, 04 Agustus 2016
Ø Melakukan
Observasi dan Meng- identifikasikan pembelajaran tugas mandiri
17
Jum’at, 05 Agustus 2016
Ø Melakukan
kegiatan pembelajaran dengan tema tubuhku sub tema Fungsi dan
bagian-bagian anggota tubuh.
Ø Mencatat
hasil karya kegiatan anak, catatan anekdot, dan skala perkembangan.
18
Sabtu, 06 Agustus 2016
Ø Melakukan
Observasi dan Meng- identifikasikan pembelajaran tugas mandiri
19
Senin, 08
Agustus 2016
Ø Melakukan
kegiatan pembelajaran dengan tema Keluargaku, sub keluarga kecil.
Ø Mencatat
hasil karya kegiatan anak, catatan anekdot, dan skala perkembangan.
20
Selasa, 09 Agustus 2016
Ø Melakukan
Observasi dan Meng- identifikasikan pembelajaran tugas mandiri
21
Rabu, 10 Agustus 2016
Ø Melakukan
kegiatan pembelajaran dengan tema Keluargaku sub tema keluarga besarku.
Ø Mencatat
hasil karya kegiatan anak, catatan anekdot, dan skala perkembangan.
22
Kamis, 11 Agustus 2016
Ø Melakukan
Observasi dan Meng- identifikasikan pembelajaran tugas mandiri
23
Jum’at, 12 Agustus 2016
Ø Melakukan
kegiatan pembelajaran dengan tema Keluargaku sub tema keluarga besarku
24
Sabtu, 13 Agustus 2016
Ø Melakukan
prosedur tugas mandiri BAB IV –
Penutup
25
Senin, 15 Agustus 2016
Ø Melakukan
kegiatan pembelajaran dengan tema Keluargaku sub tema saudaraku
26
Tanggal 16 – 22 Agustus 2016
Ø Menyusun
tugas, mulai dari kover, Kata pengantar, BAB I, BAB II, BAB III, dan menyusun
prosedur tugas mandiri lainnya.
NO
WAKTU
KEGIATAN
KETERANGAN
1
30 Menit
Pembukaan
Terlaksana
2
60 Menit
Inti
Terlaksana
3
15 Menit
Istirahat
Terlaksana
4
15 Menit
Penutup
Terlaksana